Pertolongan Pertama saat Anak Sakit Gigi, Gunakan Bahan Alami

Minggu, 08 Oktober 2023 - 10:08 WIB
loading...
Pertolongan Pertama saat Anak Sakit Gigi, Gunakan Bahan Alami
Sakit gigi merupakan masalah kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja. Bagaimana mengatasi sakit gigi pada anak? Foto/ftcdn.net
A A A
JAKARTA - Sakit gigi merupakan masalah kesehatan yang kerap terjadi pada siapa saja, dari orang dewasa, lansia hingga anak-anak.

Penyebab sakit gigi pada anak cukup beragam. Pasalnya, gigi anak cenderung sensitif sehingga ketika kurang membersihkan gigi dan salah dalam menyikat gigi, maka membuat lapisan pelindungnya mudah terkikis. Hal itu menyebabkan nyeri pada gigi.



Selain itu, sakit gigi pada anak juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti pertumbuhan gigi susu, jarang menyikat gigi, hingga infeksi gigi dan gusi.

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika anak mengalami sakit gigi? Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak RS Pondok Indah dan Puri Indah drg. Alana Aluditasari, Sp. K. G. A menjelaskan pertolongan pertama saat anak sakit gigi adalah dengan memberi air garam hangat kepada si kecil untuk dikumur.

“Jika terdapat bengkak pada bagian pipi, kompres bagian yang bengkak tersebut dengan menggunakan handuk yang dibasahi dengan air dingin,” ucapnya.



Langkah berikutnya adalah dengan memberikan anak obat antinyeri, seperti parasetamol atau ibuprofen.

“Bila sakit tak kunjung sembuh segera bawa si kecil ke dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak untuk diperiksa dan ditangani dengan tepat,” tutur dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)