Apa Itu Sianida? Bahan Kimia Kasus Kopi Maut Jessica Wongso yang Viral Lagi

Minggu, 08 Oktober 2023 - 08:29 WIB
loading...
Apa Itu Sianida? Bahan Kimia Kasus Kopi Maut Jessica Wongso yang Viral Lagi
Apa itu Sianida? Banyak orang bertanya hal ini lantaran kembali viral terkait kasus kopi maut Jessica Wongso pada 2016. Foto/ the sun.
A A A
JAKARTA – Apa itu Sianida? Banyak orang bertanya hal ini lantaran kembali viral terkait kasus kopi maut Jessica Wongso pada 2016.

Dilansir cdc.gov pada Minggu (8/10/2023), Sianida merupakan bahan kimia yang bekerja cepat dan berpotensi mematikan serta mengganggu kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen.

Sianida dapat berupa gas atau cairan tidak berwarna, seperti hydrogen cyanide (HCN) atau cyanogen chloride (CNCl).



Sianida juga dapat berbentuk kristal (padat), seperti natrium sianida-sodium cyanide (NaCN) atau kalium sianida- potassium cyanide (KCN). Bahan ini juga dikenal dengan sebutan potassium cyanide (untuk hidrogen sianida-hydrogen cyanide) dan CK (untuk sianogen klorida- cyanogen chloride).

Sianida memiliki bau “almond pahit,” namun tidak selalu mengeluarkan bau dan tidak semua orang dapat mendeteksi bau tersebut.

Bagaimana Orang Bisa Terpapar Sianida?

Sianida terlepas ke udara
Orang dapat terpapar melalui kontak kulit, kontak mata atau menghirup gas sianida tersebut. Efeknya, gas sianida menyebabkan gejala muncul paling cepat, namun menelan sianida padat atau cair juga bisa menjadi racun.

Sianida dicampur air
Orang dapat terpapar melalui sentuhan atau meminum air.
Sianida padat yang dilepaskan ke dalam air juga dapat menghasilkan gas hidrogen sianida (HCN atau AC) yang mengakibatkan kemungkinan terhirup (menghirup) gas tersebut.

Makan, minum, atau menyentuh makanan atau minuman yang terkontaminasi sianida dapat membuat seseorang terpapar sianida. Kontaminasi makanan atau minuman lebih mungkin terjadi dalam bentuk padat.

Gas sianida paling berbahaya di tempat tertutup, di mana gas akan terperangkap. Sementara, gas sianida dapat menyebar dengan cepat di ruang terbuka tergantung cuaca, sehingga tidak terlalu berbahaya di luar ruangan.

Gas hidrogen sianida (HCN atau AC) lebih ringan dari udara sehingga gasnya akan naik. Sianogen Klorida (CNCl atau CK) lebih berat dan akan tenggelam di daerah dataran rendah serta meningkatkan risiko paparan di sana.

Makanan Terkontaminasi Sianida

Makanan yang tidak dikemas dalam wadah kaca atau logam, seperti wadah plastik, kertas atau kain, yang mungkin bersentuhan dengan benda padat, cair atau gas, maka harus dihindari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)