Studi: Indera Penciuman Pengaruhi Persepsi Seseorang pada Warna

Minggu, 08 Oktober 2023 - 11:07 WIB
loading...
Studi: Indera Penciuman Pengaruhi Persepsi Seseorang pada Warna
Studi menunjukkan bagaimana otak memproses beragam informasi dengan bantuan panca indera, yang menghubungkan bau dengan warna. Foto/ hindustan times.
A A A
JAKARTA - Studi yang dilakukan di Liverpool John Moores University menunjukkan bagaimana otak memproses beragam informasi dengan bantuan panca indera, yang sering kali menghubungkan bau dengan warna.

Kita menerima masukan lingkungan secara konstan melalui panca indera. Menggabungkan informasi dari dua indera atau lebih, seperti antara bau dan kehalusan tekstur, nada, warna dan dimensi musik, adalah salah satu cara otak memahami banyaknya informasi ini.



Sebagai hasil dari integrasi sensorik ini, kita juga menghubungkan warna-warna tertentu dengan rasa makanan tertentu, seperti rasa jeruk dengan warna yang sama dan suhu yang lebih tinggi dengan warna-warna yang lebih hangat, nada suara.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology secara eksperimental menunjukkan bahwa hubungan yang tidak disengaja dengan indra penciuman kita mungkin memengaruhi cara seseorang memandang warna.

“Di sini kami menunjukkan bahwa kehadiran berbagai bau mempengaruhi cara manusia memandang warna,” kata penulis utama Dr Ryan Ward, dosen senior di Liverpool John Moores University, dikutip dari hindustan times pada Minggu (8/10/2023).

Ward dan rekannya menguji keberadaan dan kekuatan asosiasi bau-warna pada 24 wanita dan pria dewasa berusia 20 dan 57 tahun.

Para peserta duduk di depan layar di ruangan tanpa rangsangan sensorik yang tidak diinginkan selama percobaan. Mereka tidak memakai deodoran atau parfum, dan tidak ada yang dilaporkan buta warna atau mengalami gangguan indra penciuman.

Seluruh bau sekitar di ruang isolasi dibersihkan dengan alat pembersih udara selama empat menit. Kemudian salah satu dari enam aroma (dipilih secara acak dari karamel, cherry, kopi, lemon, dan peppermint, ditambah air tak berbau sebagai kontrol) disebarkan ke dalam ruangan dengan diffuser ultrasonik selama lima menit.

“Dalam penelitian sebelumnya, kami telah menunjukkan bahwa bau karamel umumnya merupakan asosiasi silang dengan warna coklat tua dan kuning, seperti kopi dengan warna coklat tua dan merah, cherry dengan warna merah jambu, merah, dan ungu, peppermint dengan warna hijau dan biru, dan lemon dengan warna kuning, hijau, dan merah muda,” tutur Ward.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)