Minuman Kaya Serat Cocok untuk Diabetesi

Rabu, 11 Oktober 2023 - 11:37 WIB
loading...
Minuman Kaya Serat Cocok untuk Diabetesi
Pola makan menjadi kunci utama para diabetesi dalam mengontrol kadar gula darah. Masalah yang masih sering menghantui adalah lonjakan gula darah tinggi setelah makan. Foto/istimewa,
A A A
JAKARTA - Pola makan menjadi kunci utama para diabetesi, sebutan bagi penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula darah. Namun, masalah yang masih sering menghantui para diabetesi adalah kekhawatiran akan lonjakan gula darah tinggi setelah makan. Terlebih, jika porsi mau pun jenis makanan yang dikonsumsi tidak terkontrol.

“Di dalam tubuh, makanan yang mengandung karbohidrat akan dipecah menjadi gula dan diserap ke dalam darah. Konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan kadar gula darah,” tutur dr. Clariesta Diella M.Gizi, SpGK.

Kondisi kadar gula darah yang tidak stabil dapat mengganggu kinerja reseptor insulin yang menjadi penyebab utama penyakit diabetes. Insulin sendiri merupakan hormon yang berfungsi menyerap gula dan menyalurkannya ke sel-sel tubuh untuk menjadi sumber energi. Menanggapi hal ini, mGanik memberi solusi pengontrol kadar gula darah setelah makan dengan Metafiber sebagai minuman serat alami pemblokir glukosa untuk penderita diabetes. Kandungannya, seperti psyllium husk, inulin dan fruktooligosakarida (FOS).

Berdasarkan jurnal penelitian The American Journal of Clinic Nutrition – Metabolic Research Center, seratnya tidak seperti serat pada umumnya yang biasa ditemukan dalam sayur dan buah.

Serat psyllium merupakan serat larut air yang membentuk gel di dalam saluran pencernaan. Gel tersebut akan menyerap gula yang dibawa oleh makanan dan akan dibuang melalui pencernaan, sehingga penyerapan gula ke dalam aliran darah akan terhambat.

“Kami ingin membantu diabetesi dan penderita gangguan metabolik lainnya agar bisa memiliki kesehatan jangka panjang secara alami tanpa ketergantungan obat,” ujar dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)