Bikin Otak Encer, Berikut 7 Manfaat Belajar Bahasa Asing!

Rabu, 11 Oktober 2023 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Mengutip dari Glenbard South High School, mempelajari bahasa asing juga dapat memberikan banyak pengalaman baru, seperti bepergian ke negara-negara di mana Anda dapat sepenuhnya dapat terlibat saat berbicara dalam bahasa setempat.

Tanpa perlu menggunakan aplikasi terjemahan di ponsel, perjalanan Anda akan menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan interaksi dengan penduduk lokal, atau bahkan bisa menjadi teman baru ke depannya.

4. Memperkuat Daya Ingat

Anda tentu sudah paham bahwa saat belajar bahasa asing, kita akan lebih banyak menghafal kata dan merangkainya ke dalam satu kalimat untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari. Aktivitas ini ternyata sangat bermanfaat untuk memaksimalkan kekuatan otak dalam menyimpan dan mengambil informasi yang ada.

5. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Tidak hanya dapat menguatkan daya ingat seseorang, manfaat belajar bahasa asing juga bisa meningkatkan fokus serta konsentrasi Anda dalam berpikir sehari-hari.

Dilansir dari Universe of Memory, orang yang belajar bahasa asing punya kontrol lebih kuat serta konsentrasi yang lebih baik. Peningkatan kemampuan ini akan berdampak pada kemauan berpikir lebih baik untuk memilih dan memilah mana informasi yang penting dan mana yang tidak penting.

6. Menunda Demensia

Belajar bahasa asing juga diketahui mampu memperlambat kemunculan demensia. Demensia yang biasa muncul di usia 71 tahun dikatakan bisa diperlambat kemunculannya sehingga baru bisa terjadi di usia 75 tahun pada penutur bilingual.

Bahkan, meski sudah terkena demensia, misalnya pada penderita penyakit Alzheimer, penutur bilingual umumnya akan memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik daripada penderita Alzheimer monolingual (hanya bicara satu bahasa).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0860 seconds (0.1#10.140)