4 Manfaat Mendaki di Alam Terbuka untuk Kesehatan, Salah Satunya Lawan Depresi

Kamis, 12 Oktober 2023 - 05:20 WIB
loading...
4 Manfaat Mendaki di Alam Terbuka untuk Kesehatan, Salah Satunya Lawan Depresi
Mendaki di alam terbuka menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Mendaki di alam terbuka menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan . Aktivitas harian dengan pekerjaan yang menumpuk jelang akhir tahun, media sosial, email, dan kebisingan umum sepanjang waktu dalam kehidupan dapat membuat lebih stres dan menyebabkan penurunan produktivitas.

Ada banyak faktor yang menyebabkan produktivitas seseorang turun, beberapa di antaranya adalah stres, sulit tidur, dan tubuh lesu. Chairman Herbalife Nutrition Institute David Heber mengatakan memutuskan hubungan dengan teknologi dan terhubung kembali dengan alam memberikan otak waktu istirahat yang sangat dibutuhkan.

Mendaki gunung adalah cara yang baik untuk mendapatkan udara segar, terutama jika Anda tinggal di daerah perkotaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada manfaat nyata dari beraktivitas di luar ruangan dalam mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Berikut manfaat mendaki di alam terbuka untuk kesehatan.



1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Mendaki adalah jenis latihan yang membebani berat badan, yang berarti tulang dan otot Anda bekerja lebih keras melawan gravitasi. Ini membantu tubuh Anda membangun atau mempertahankan kepadatan tulang, yang sangat penting saat menua.

Studi menunjukkan bahwa kepadatan tulang menurun sekitar satu persen setiap tahun setelah usia 40 tahun. Beraktivitas di luar ruangan untuk mendaki dapat berdampak positif dalam membantu memperlambat penurunan ini. CDC juga merekomendasikan 30 menit latihan fisik seperti berjalan cepat, lima hari seminggu.

Sebagai bonus tambahan, mendaki di alam terbuka memberi Anda dosis vitamin D dari paparan sinar matahari. Vitamin D penting untuk penyerapan kalsium, yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)