Berikut Daftar Jenis Kopi Nusantara Terpopuler, Mana Favorit Anda?

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 16:03 WIB
loading...
Berikut Daftar Jenis Kopi Nusantara Terpopuler, Mana Favorit Anda?
Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, nggak heran jika ada berbagai jenis kopi Nusantara yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, nggak heran jika ada berbagai jenis kopi Nusantara yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Setiap daerah memiliki kopi dengan citarasa serta aroma yang khas.

Bagi Anda pencinta kopi , tidak ada salahnya untuk mencoba macam-macam jenis kopi Nusantara yang memiliki cita rasa khas dan otentik. Berikut adalah rangkuman jenis kopi Nusantara dan cara penyajiannya.

7 Jenis Kopi Nusantara





1. Kopi Kintamani Bali


Kopi Kintamani Bali merupakan jenis kopi Arabika yang memiliki banyak penggemar. Namun berbeda dari Arabika lainnya, pada Kopi ini memiliki cita rasa yang segar dari asam (citrus) seperti jeruk. Hal tersebut bisa terjadi karena pohon-pohon kopi disana ditanam berdampingan dengan pohon sayur dan jeruk.

Dengan menggunakan metode wet processing, aromanya pada kopi ini dianggap eksotis dengan tekstur yang ringan, membuat kopi ini tidak terlalu terasa pahit dan tidak meninggalkan aftertaste pekat setelah meminumnya.

2. Kopi Flores Bajawa


Kopi Flores Bajawa mempunyai tingkat keasaman medium dengan tekstur rasa yang terbilang ringan. Kopi Flores Bajawa memiliki aroma seperti bunga, karamel, kacang-kacangan, yang ditambah dengan sensasi rasa tembakau, menjadikan keunikan tersendiri bagi penikmatnya.

Oleh karena itu cita rasa pada kopi tidak bisa Anda nikmati dari jenis kopi lainnya. Tidak mengherankan jika kopi Flores Bajawa bisa menembus pasar internasional karena keunikannya!

3. Kopi Papua Wamena


Dari bagian timur Indonesia, Ada Provinsi Papua khususnya Wamena, yang wilayahnya menghasilkan jenis kopi Arabika dengan aroma tajam dan cita rasa yang ringan. Dalam proses pembuatannya, para petani disana menggunakan sistem pengupasan basah atau semi washed.

Mereka akan mengupas satu per satu kulit luar biji kopi dengan tangan. Makanya, nggak heran jika kopi ini menjadi langka dan juga berharga karena proses pembuatannya yang terbilang sangat lama.

Untuk rasanya, kopi ini hampir mirip dengan kopi Bali karena memiliki rasa floral, di mana ada nuansa harum coklat dan herbal ketika meminumnya. Aftertaste ‘smokey’ setelah meminumnya pun menjadi ciri khas dan keunikan tersendiri. Teksturnya yang lembut dan tidak berampas juga sangat ramah di mulut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3313 seconds (0.1#10.140)