5 Cara Mengatur Asupan Kafein, Perhatikan Waktu Minum Kopi

Minggu, 08 Oktober 2023 - 09:03 WIB
loading...
5 Cara Mengatur Asupan Kafein, Perhatikan Waktu Minum Kopi
Asupan kafein yang berlebihan dapat mengganggu berbagai masalah kesehatan. Jadi, ada baiknya mengatur asupan kafein agar bermanfaat untuk tubuh. Foto/hindustan times.
A A A
JAKARTA - Asupan kafein yang berlebihan dapat mengganggu siklus tidur dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jadi, baiknya, atur asupan kafein agar bermanfaat untuk tubuh.

Jika sulit mengatur asupan kafein yang ada dalam kopi dan teh, dilansir Hindustan Times pada Minggu (8/10/2023), berikut cara mengatur asupan kafein.



1. Seringkali orang mendambakan secangkir kopi atau teh. Namun, asupannya harus dikurangi, terutama di sore hari untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

2. Mulailah hari dengan sarapan seimbang yang mencakup protein, serat dan beberapa lemak sehat dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi kebutuhan kafein.

Menghidrasi dengan segelas air akan merehidrasi tubuh Anda setelah istirahat malam, membuat Anda tidak terlalu bergantung pada kafein saat bangun tidur.

3. Kafein memiliki waktu paruh sekira 3-5 jam, yang berarti kafein dapat bertahan di sistem tubuh Anda untuk sementara waktu. Jadi, hindari mengonsumsi kafein terlalu larut di siang hari agar tidak mengganggu tidur Anda.



4. Teh herbal seperti kamomil, pepermin atau jahe bisa menjadi alternatif bebas kafein yang sangat baik. Semua itu tidak hanya menawarkan beragam rasa, juga memberikan potensi manfaat kesehatan, seperti relaksasi dan dukungan pencernaan.

5. Perhatikan porsi, terutama minuman energi yang mengandung kadar kafein berlebihan. Pilihlah ukuran cangkir yang lebih kecil atau berbagi kopi berukuran besar dengan teman jika Anda ingin memanjakan diri tanpa berlebihan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)