Politisi Partai Perindo Usulkan Cara Ini agar Tangsel Bisa Maksimalkan Pariwisata Berbasis Ekonomi Kreatif

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 21:39 WIB
loading...
Politisi Partai Perindo Usulkan Cara Ini agar Tangsel Bisa Maksimalkan Pariwisata Berbasis Ekonomi Kreatif
Bacaleg DPRD Kota Tangerang Selatan Dapil 5 Partai Perindo Benyamin Setiawan dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (14/10/2023). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Program ekonomi kreatif yang dicanangkan Kementerian Pariwisata bukan tanpa alasan. Dengan program ini, diharapkan sejumlah daerah di Tanah Air bisa memaksimalkan potensi wisata agar turut memberi dampak pada peningkatan ekonomi daerah.

Namun, Bacaleg DPRD Kota Tangerang Selatan Dapil 5 Partai Perindo Benyamin Setiawan menilai, masih banyak daerah di Indonesia yang justru belum ‘melek’ terkait hal ini.

“Apa sih itu program ekonomi kreatif dari Kementerian Pariwisata? Yaitu memaksimalkan masyarakat sekitar objek wisata untuk mendapatkan atau untuk meningkatkan ekonomi mereka dari objek pariwisata itu,” terang Benyamin dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (14/10/2023).



Salah satu daerah yang masih dinilai kurang dari sisi pariwisata dan program ekonomi kreatif adalah Tangerang Selatan. Benyamin menilai, hal itu dikarenakan kurangnya aksi maksimal dari Dinas Pariwisata setempat.

“Seperti saya katakan tadi, karena Dinas Pariwisata ini tumpul nih ya. Seandainya dibuat Perwal atau Perda, sehingga Dinas Pariwisata memiliki taring baru, dia bisa bergerak lebih maksimal,” ungkap Benyamin.

“Atau seperti dulu untuk usaha industri pariwisata itu harus mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pariwisata. Sekarang kan tidak ada,” imbuhnya.

Benyamin memberikan beberapa rekomendasi yang bisa dilakukan Pemerintah Kota Tangsel untuk bisa berbenah dalam urusan pariwisata. Salah satunya dengan menghadirkan objek wisata yang ikonik dan berbasis kebudayaan.

“Nah sekarang ada dua hal. Satu, dari Pemkot itu harus menciptakan objek yang namanya objek pariwisata, bukan hanya tempat ya, bisa saja tarian budaya, dan sebagainya,” tuturnya.

Rekomendasi selanjutnya yakni dengan meningkatkan PAD (Pendapatan Anggaran Daerah) dari industri hiburan atau pariwisata yang sudah ada di kawasan Tangsel.

“Nah, lalu kedua, bagaimana memaksimalkan meningkatkan PAD (Pendapatan Anggaran Daerah) dari industri hiburan atau pariwisata yang sudah ada di Tangsel itu,” papar Benyamin.

“Karena kalau saya perhatikan yang namanya tempat hiburan, restoran, karaoke, dari sisi sini saja kalau mereka betul-betul bayar pajak 50% saja, itu sudah bisa berbenah,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)