4 Obat Rumahan untuk Atasi Penyakit Maag dan Asam Lambung

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 23:41 WIB
loading...
4 Obat Rumahan untuk Atasi Penyakit Maag dan Asam Lambung
Ada beberapa bahan makanan di rumah yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit maag dan asam lambung. Foto Ilustrasi/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Penyakit maag dan asam lambung suka datang tiba-tiba. Kondisi ini membuat perut menjadi terasa mulas dan tidak nyaman. Akibatnya, penderita jadi sulit melakukan aktivitas.

Masalah tersebut tentu saja tidak boleh didiamkan. Harus lekas disembuhkan agar dapat kembali melakukan aktivitas.

Namun, penyembuhan asam lambung tidak melulu harus menggunakan obat. Ada beberapa bahan makanan di rumah yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan asam lambung.

Mengutip laman Pinkvilla, Sabtu (14/10/2023), berikut empat obat rumahan yang dapat membantu mengatasi penyakit maag dan asam lambung.

1. Pisang yang Sudah Matang

Sifat asam ringan dari buah pisang dapat meredakan lapisan kerongkongan yang meradang dengan cara menutupinya. Pisang matang juga memiliki konsentrasi potasium yang tinggi, yang menjadikannya makanan bersifat basa.

Sebaliknya, pisang mentah kurang basa, mengandung banyak karbohidrat dan pati. Jika pisang yang belum matang dikonsumsi saat penyakit maag ataupun asam lambung kambuh, maka dapat menyebabkan mulas dan refluks pada orang-orang tertentu. Jadi, pastikan Anda memilih pisang yang matang.

2. Permen Karet

Kerongkongan Anda mungkin terasa lebih baik dan pembengkakannya berkurang jika mengunyah permen karet bebas gula. Hal ini disebabkan oleh peningkatan alkalinitas air liur yang disebabkan oleh permen karet.

Asam lambung Anda bisa dinetralkan dengan melakukan hal ini. Setelah makan, mengunyah permen karet bebas gula dapat membantu mengurangi gejala refluks asam dan mulas.

3. Minum Susu Dingin

Obat rumahan lain untuk mengurangi keasaman pada lambung adalah susu. Susu menghentikan regurgitasi atau sensasi terbakar di perut dengan menyerap produksi asam yang ada di dalam perut.

Minumlah segelas susu murni dingin tanpa pemanis atau tambahan apapun jika penyakit maag atau asam lambung Anda kambuh. Minum susu dingin mungkin bisa meredakan nyeri dengan cepat.

4. Minum Jus Lidah Buaya

Penyakit asam lambung, mulas, dan radang usus adalah penyakit utama yang dapat disembuhkan dengan jus lidah buaya. Jus lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati penyakit radang usus, penyakit asam lambung, dan keasaman lambung yang tinggi. Hal tersebut lantara daun utuh lidah buaya mengandung konsentrasi polisakarida tertinggi, pilihan ideal untuk membuat jus.

Jika sederet pengobatan rumahan tersebut tidak meringankan rasa sakit perut Anda, maka lakukanlah konsultasi dengan dokter segera.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)