4 Manfaat Sarapan yang Jarang Diketahui Orang, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah

Minggu, 15 Oktober 2023 - 07:29 WIB
loading...
4 Manfaat Sarapan yang Jarang Diketahui Orang, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah
Sarapan menjadi penting untuk tubuh saat memulai aktivitas. Namun, kerap dihindari sebagian orang dengan alasan diet. Foto/ eatingwell.
A A A
JAKARTA - Sarapan menjadi penting untuk tubuh saat memulai aktivitas. Namun, sarapan kerap dihindari sebagian orang dengan alasan diet dan ingin menurunkan berat badan.

Sarapan memberi energi penuh untuk menyelesaikan sesuatu dan membantu fokus saat kerja. Banyak penelitian yang mengaitkan sarapan dengan kesehatan yang baik, termasuk daya ingat dan konsentrasi yang lebih baik, serta beberapa manfaat baik lainnya.

Berikut ini manfaat sarapan yang jarang diketahui orang, dikutip dari WebMD pada Minggu (15/10/2023).


Manfaat Sarapan untuk Kesehatan

1. Baik untuk Jantung

Studi terbaru menunjukkan adanya hubungan antara sarapan dan kesehatan jantung. Pada tahun 2017, Journal of American College of Cardiology melaporkan bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi lebih mungkin menderita aterosklerosis.

Saat itulah arteri Anda menyempit dan mengeras karena penumpukan plak. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Orang-orang ini juga cenderung memiliki lingkar pinggang lebih besar, berat badan berlebih, dan memiliki tekanan darah serta kadar kolesterol lebih tinggi.

2. Membantu Anak Lebih Baik di Sekolah

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa untuk memulai hari kamu perlu mengaktifkan metabolisme untuk bekerja.

Mengonsumsi sarapan sehat secara teratur membantu kita untuk lebih fokus, mengingat, dan bekerja lebih baik. Anak-anak dan remaja berkonsentrasi lebih baik di sekolah, hingga mendapat nilai ujian yang tinggi dan kecil kemungkinannya untuk terlambat atau bolos sekolah.

3. Jangan Lewatkan Sarapan saat Diet

Jika Anda sedang melakukan diet, jangan mengurangi kalori dengan melewatkan waktu sarapan. Studi menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang mampu menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badannya melakukan sarapan setiap hari.

Di sisi lain, penting untuk memerhatikan apa, kapan, dan berapa banyak yang Anda makan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan dalam porsi besar akan makan lebih banyak sepanjang hari.


4. Mengontrol Gula Darah

Sarapan membantu menjaga gula darah tetap stabil sepanjang hari, baik menderita diabetes atau tidak. Bagi orang dengan hasil tes glukosa normal, hal ini mungkin dapat membantu Anda menghindari resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes.

Penurunan dan lonjakan gula darah juga dapat memengaruhi suasana hati, membuat Anda lebih gugup atau marah.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)