5 Cara Mengatasi Rambut Berminyak, Gak Perlu ke Salon

Minggu, 15 Oktober 2023 - 09:36 WIB
loading...
5 Cara Mengatasi Rambut...
Rambut berminyak merupakan salah satu permasalahan umum yang sering membuat tidak nyaman, terutama pada wanita. Foto/ the sun.
A A A
JAKARTA - Rambut berminyak merupakan salah satu permasalahan umum yang sering membuat tidak nyaman, terutama pada wanita.

Penyebab utamanya adalah produksi berlebihan minyak alami oleh kelenjar sebaceous di kulit kepala. Rambut berminyak dapat membuat penampilan terlihat kusam dan kurang segar.

Tidak perlu ke salon untuk mengatasinya. Nah, berikut beberapa langkah yang dapat membantu Anda mengatasi masalah rambut berminyak dikutip dari Healthline pada Minggu (15/10/2023).


Cara Mengatasi Rambut Berminyak

1. Perlakukan secara lembut

Saat keramas gosoklah kulit kepala, tapi lakukan dengan jari-jarimu secara lembut. Menggosok kulit kepala secara berlebihan dan menyebabkan kelenjar memproduksi lebih banyak sebum.

Bilas sampai bersih sebelum keluar dari kamar mandi. Sisa sampo atau kondisioner dapat membuat lapisan tipis pada rambut sehingga terasa berminyak.

2. Keramas setiap hari

Jarang keramas atau terlalu sering keramas dapat menyebabkan rambut berminyak. Namun, jika kamu memiliki rambut berminyak , mencucinya setiap hari dapat menghindarkan dari rambut yang berminyak.

Perlu diperhatikan bahwa keramas lebih dari sekali dalam sehari dapat menyebabkan kelenjar kulit kepala bereaksi berlebihan dan menghasilkan lebih banyak minyak untuk menggantikan keramas yang berlebihan.

3. Kondisikan dengan hati-hati

Kondisioner membantu menambah kelembapan l pada rambut serta mencegahnya jadi kusut. Ujung rambut Anda mungkin memerlukan sedikit perhatian ekstra, tetapi kulit kepala tidak membutuhkan hal tersebut untuk menjadi lebih berminyak. Jangan gunakan kondisioner pada kulit kepala Anda, pijat saja ke ujung rambut.

4. Jangan menyentuh rambut terlalu sering

Cobalah untuk tidak menyisir atau menyentuh rambut lebih dari yang diperlukan. Sering menyisir dapat merangsang kelenjar Anda untuk menghasilkan lebih banyak sebum.


5. Hindari produk yang menambah kelembapan

Jika rambut sudah menghasilkan minyak berlebih, menggunakan produk penata rambut berbahan dasar minyak bukanlah ide terbaik. Gunakan hair spray atau mousse untuk menata rambut tanpa membebani rambut atau menambah minyak.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2611 seconds (0.1#10.140)