5 Manfaat Konsumsi Yogurt Tiap Hari, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Senin, 16 Oktober 2023 - 05:19 WIB
loading...
5 Manfaat Konsumsi Yogurt Tiap Hari, Salah Satunya Turunkan Kolesterol
Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu yang sangat serbaguna. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu yang sangat serbaguna. Yogurt bisa disajikan menjadi berbagai macam hidangan lezat seperti campuran semangkuk granola, salad buah, dan masih banyak hidangan lainnya.

Selain lezat, yogurt juga sangat kaya nutrisi seperti protein, kalsium, dan probiotik yang berguna untuk menyehatkan tubuh. Namun, apakah yogurt aman untuk dikonsumsi setiap hari?

"Sering mengonsumsi yogurt menurunkan risiko diabetes dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh,” kata Brooke Glazer, Ahli Gizi Ahli Diet Terdaftar.



Untuk lebih jelasnya, mengutip laman Eat This Not That, Senin (16/10/2023), berikut 5 manfaat mengonsumsi yogurt.

1. Tinggi Protein sehingga Bantu Kenyang Lebih Lama

Yogurt, terutama greek yogurt, sangat bagus untuk memberikan tambahan protein dengan kadar gula dan lemak yang rendah. kandungan protein dalam yogurt dapat membantu Anda tetap kenyang dengan mengurangi hormon rasa lapar dan meminimalkan nafsu makan.

Untuk itu, makanan berprotein tinggi seperti yogurt ini bisa menjadi pilihan ideal sebagai menu sarapan pagi yang ditambah dengan buah, granola, atau kacang-kacangan, maupun camilan sore hari yang dapat membantu menjaga rasa kenyang.

2. Berikan Tekanan Darah yang Lebih Sehat

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Hypertension menemukan, konsumsi produk susu yang lebih tinggi berhubungan dengan lebih sedikit kasus tekanan darah tinggi pada orang dewasa.

Dengan demikian, mengonsumsi lebih banyak yogurt dan mengikuti Dash Diet adalah kombinasi terbaik untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi hingga 30% lebih rendah.

Studi lain menemukan bahwa asupan protein yang lebih tinggi juga dapat dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.


3. Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Selain berpotensi menurunkan tekanan darah, yogurt juga dapat membantu menyehatkan jantung. Sebab, mengonsumsi yogurt membantu mengelola kadar kolesterol darah dalam tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dairy Sciences mengamati efek yogurt probiotik pada partisipan penderita diabetes tipe 2. Hasilnya, mengonsumsi harian yogurt ini dikaitkan dengan rendahnya LDL dan kolesterol total.

4. Tingkatkan Asupan Kalsium

Selain protein, yogurt juga mengandung kalsium yang berguna untuk memelihara otot, saraf, pembuluh darah, dan tulang. Misalnya, tulang Anda mengandung banyak kalsium, dan ketika Anda tidak mengonsumsi cukup kalsium melalui makanan yang Anda makan, tubuh Anda sebenarnya mulai menarik kalsium dari tulang Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)