Hubungan Gula dan Penyakit Alzheimer, Penderita Diabetes Harus Waspada

Senin, 16 Oktober 2023 - 14:30 WIB
loading...
A A A
Gejala Alzheimer meliputi, masalah ingatan, mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah, perubahan suasana hati dan kepribadian, kebersihan yang buruk, penarikan sosial.

Namun gula dalam jumlah sedikit terkadang bisa membantu. Hal ini karena beberapa orang dengan penyakit Alzheimer stadium akhir mungkin kehilangan nafsu makan sehingga sulit mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan agar tetap sehat.

Asosiasi Alzheimer menyarankan untuk menambahkan sedikit gula atau garam agar makanan lebih menarik dan membantu asupan nutrisi.

Baca Juga: 5 Manfaat Konsumsi Yogurt Tiap Hari, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Beberapa orang mungkin perlu mengikuti pola makan yang mengurangi gula dan garam secara drastis, jadi konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan lebih banyak.

Bagaimana cara penderita Alzheimer mengurangi gula dalam makanannya?

Salah satu pendekatan praktis untuk mengurangi asupan gula adalah dengan membatasi atau menghilangkan minuman manis. Penelitian telah menemukan hubungan langsung antara minuman manis dan peningkatan risiko Alzheimer.

Dalam studi 2021 yang diikuti 1.865 orang selama 16 tahun menemukan risiko lebih tinggi terkena Alzheimer, semua jenis demensia, dan stroke pada orang yang paling banyak mengonsumsi gula, terutama dalam bentuk minuman.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Gula Berlebihan pada Anak, Bisa Turunkan Kecerdasan
Pijat Serentak untuk...
Pijat Serentak untuk Lansia Jadi Pengingat Pentingnya Perawatan Tubuh di Usia Senja
Hindari Risiko Jatuh,...
Hindari Risiko Jatuh, Lansia Justru Tetap Perlu Olahraga
Cedera Berat pada Lansia,...
Cedera Berat pada Lansia, Penanganan Tepat dan Cepat Kunci Keberhasilan Pengobatan
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Bank Mandiri Taspen...
Bank Mandiri Taspen Dorong Pensiunan Tetap Produktif dan Sejahtera
Berbagi Kepedulian dan...
Berbagi Kepedulian dan Semangat Sehat di Hari Lansia Nasional
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Rekomendasi
Delegasi Indonesia Soroti...
Delegasi Indonesia Soroti Kerja Paksa Myanmar dan Krisis Rohingya di Sidang ILO Jenewa
BPDP, Ditjenbun dan...
BPDP, Ditjenbun dan AKPY Latih 122 Pekebun Sawit OKI Tingkatkan Kualitas Panen
Jarak Tempuh Mobil Listrik...
Jarak Tempuh Mobil Listrik Volvo XC60 Kini Bertambah Tiga Kali Lipat
Berita Terkini
Nonton Gratis hingga...
Nonton Gratis hingga VIP, Ini Beragam Cara Menikmati Microdrama di V+Short
Ruben Onsu Tak Lagi...
Ruben Onsu Tak Lagi Harapkan Permintaan Maaf Sarwendah, Hanya Ingin Bertemu Anak
Liburan Mewah Tanpa...
Liburan Mewah Tanpa Menguras Anggaran: Hotel Bintang 4 dan 5 Mulai Rp300.000
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
Bantah Nikmati Uang...
Bantah Nikmati Uang Jemaah Hanania, Keanu AGL Serahkan Rekening Koran ke Polisi
Keanu Agl Diperiksa...
Keanu Agl Diperiksa Terkait Kasus Hanania Group, Bantah Terima Uang Miliaran Rupiah
Infografis
3 Fakta Hubungan Amerika...
3 Fakta Hubungan Amerika Serikat dan Ukraina Sudah Memburuk
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved