PopCon Asia 2017 Hadirkan Berbagai Macam Kompetisi Cosplay

Minggu, 06 Agustus 2017 - 17:56 WIB
PopCon Asia 2017 Hadirkan Berbagai Macam Kompetisi Cosplay
PopCon Asia 2017 Hadirkan Berbagai Macam Kompetisi Cosplay
A A A
JAKARTA - Tidak hanya diramaikan dengan kehadiran berbagai kreator dan karya kreatifnya yang spektakuler, hadirnya para cosplayer juga semakin menambah semarak perhelatan PopCon Asia. Dengan berbagai kostum dari beragam animasi, komik, dan game yang sangat kreatif, para cosplayer ini telah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari acara Popcon Asia.

Pengunjung pun tak hanya bisa menikmati penampilan para cosplayer ini. Di PopCon Asia 2017, mereka yang berminat pun bisa mengikuti berbagai macam kompetisi cosplay mulai dari LowCostPlay Challenge hingga kompetisi cosplay karakter superhero lokal Indonesia.

Creative Director We Create John Switch mengatakan bahwa menetapkan tujuan adalah salah yang penting untuk menjadi cospalyer. Ini memberikan kemudahan bagi cosplayer untuk bisa menentukan kostum yang akan digunakan.

"Jadi yang paling penting adalah passion. Itu ibarat kayak mobil yang harus dilakukan agar bisa menentukan arah yang ingin dicapai lalu semangat kita untuj menggerakannya. Kalau kita punya passion itu sesuatu yang kita lakukan dengan ikhlas. Kalau enggak ada passion enggak bisa menjadi cosplayer. Jadi dia lebih mendalami karakter yang ingin dicapai," ujar Switch di Jakarta, Minggu (6/8/2017).

Menurut dia, tingkat kesusahan Cosplayer adalah menentukan kostum yang tepat. Tapi, jika memang punya kemauan, maka para cosplayer pun bisa menggunakan kostum yang membuatnya tampil dengan baik.

"Relatifnya sih masing-masing punya ciri khas berbeda. Ada cosplayer khusus Indonesia, ada Amerika, Jepang dan juga para kostum Tokusatsu," tutur dia.

Founder Popcon Asia Grace Kusnadi mengatakan, dalam kompetisi cosplay ini peserta bercosplay sebagai karakter superhero ataupun pendekar dari berbagai komik terbitan BumiLangit. Ada 20 karakter superhero legendaris asal Indonesia yang bisa dicosplaykan dalam kompetisi cosplay ini, di antaranya adalah Godham, Gundala, Sri Asih, Aquanus, serta Si Buta dari Gua Hantu.

"Lomba cosplay pada umumnya diramaikan dengan cosplayer yang tampil mengenakan kostum karakter komik serta animasi asal Amerika maupun Jepang. Seiring dengan perkembangan industri komik dan animasi di Indonesia," katanya.

Di kompetisi ini, telah banyak bermunculan karakter lokal yang telah memiliki penggemarnya sendiri dan tidak kalah dengan karakter dari luar. BumiLangit, penerbit karakter komik superhero dan pendekar Indonesia ini mengundang para cosplayer untuk ikut serta bercosplay sebagai karakter superhero Indonesia dalam ajang BumiLangit Cosplay Competition.

Kompetisi ini terdiri atas tiga kategori pemenang yaitu Pemenang Pilihan Juri, Pemenang Favorit, serta Pemenang Fotogenik. Untuk juara pertama di kategori Pemenang Pilihan Juri mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp3 juta serta kesempatan untuk ikut tampil dalam film layar lebar produksi BumiLangit pada tahun 2018. Juara kedua mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp2 juta dan juara ketiga mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp1 juta. Untuk juara pertama di kategori Pemenang Favorit mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp1.250.000, Rp750.000 untuk juara kedua dan Rp500.000 untuk juara ketiga. Untuk para peserta yang memenangkan kategori Pemenang Fotogenik masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp500.000 untuk 5 orang.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7985 seconds (0.1#10.140)