Benarkah Konsumsi Emping Picu Asam Urat dan Obesitas? Ini Faktanya

Selasa, 17 Oktober 2023 - 21:10 WIB
loading...
Benarkah Konsumsi Emping Picu Asam Urat dan Obesitas? Ini Faktanya
Konsumsi emping dipercaya bisa memicu asam urat dan obesitas. Akibatnya banyak orang menghindari makanan ini, khususnya bagi mereka yang mengidap asam urat. Foto/Endeustv
A A A
JAKARTA - Konsumsi emping dipercaya bisa memicu asam urat dan obesitas . Akibatnya, banyak orang kerap menghindari makanan ini atau membatasi konsumsinya, khususnya bagi mereka yang mengidap asam urat.

Rinaldi Nur Ibrahim selaku Apoteker sekaligus healthy educator mengatakan mengonsumsi emping atau melinjo secara berlebihan bisa memicu asam urat . Ini karena emping mengandung purin yang tinggi yaitu bekisar antara 50 hingga 150 mg per 100 mg sajian.

“Mengonsumsi emping melinjo dalam jumlah yang cukup banyak terbukti dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah,” kata Rinaldi dikutip dalam akun TikTok @rinaldinurofficial, Selasa (17/10/2023).



Makanan yang tinggi purin dapat menjadi pemicu tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Di mana saat purin dipecah dalam tubuh, asam urat akan menumpuk dan jika jumlahnya berlebihan akan membentuk kristal pada persendian.

Itulah yang menyebabkan radang sendi atau asam urat. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya. Emping masih boleh dikonsumsi dengan syarat tidak boleh lebih dari 100 gram atau setara dengan 10 keping ukuran kecil dalam sehari.

Selain bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah, emping juga mengandung kalori yang tinggi yaitu dalam 100 gram emping mengandung 350 kalori. Sehingga mereka yang mengalami obesitas wajib membatasi konsumsi emping.



“Jadi bukan hanya terserang penyakit asam urat, tapi kamu juga bisa mengalami obesitas, dan penyakit kardiovaskuler lainnya,” pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)