3 Manfaat Pilates untuk Wanita, Bisa Mengatasi Sakit Pinggang

Rabu, 18 Oktober 2023 - 08:11 WIB
loading...
3 Manfaat Pilates untuk Wanita, Bisa Mengatasi Sakit Pinggang
Manfaat pilates untuk wanita yang paling terasa adalah mengatasi sakit pinggang hingga memperbaiki postur tubuh. Foto/ MPI.
A A A
JAKARTA - Manfaat pilates untuk wanita yang paling terasa adalah mengatasi sakit pinggang hingga memperbaiki postur tubuh.

Pilates pun dapat dilakukan di mana saja. Anda dapat melakukan dengan ikut kelas pilates dan belajar gerakan-gerakannya secara langsung oleh para guru pilates atau melakukannya sendiri di rumah dengan mengikuti panduan dari internet.

Dengan melakukan pilates di rumah, kamu bisa mengatur waktu sesukamu. Misalnya, kamu pulang terlalu larut malam, tetap bisa melakukan pilates sendiri di rumah.



Shella Meisy selaku guru pilates menyampaikan, gerakan pilates untuk pemula yang dapat dilakukan di rumah antara lain plank, push up, swan, side leg circles, dan side leg lift.

Adapun waktu untuk melakukan pilates pun sangat beragam tergantung pribadi masing-masing. Untuk pemula, Shella menyarankan untuk melakukannya hanya seminggu sekali dengan durasi 30 menit.

Lalu, manfaat apa saja yang didapat perempuan dengan melakukan pilates , Shella Meisy berbagi tips saat ditemui di iNews Tower, Selasa (17/10/2023).

Manfaat Pilates

1. Mengatasi sakit pinggang

Perempuan kerap kali mengatasi sakit pinggang. Tidak perlu diurut, masalah ini bisa diatasi dengan melakukan pilates. Sebab, pilates membantu menguatkan otot core.

“Jadi itu (sakit pinggang) mostly karena core enggak kuat. Jadi karena cewek itu biasanya otot besar bagian core kita perut, jadi kita mau kuatin corenya,” ucap Shella.

“Karena kita pernahkah berdiri lama suka sakit pinggang? Karena kita tumpuannya bukan di core atau di kaki tapi di pinggang. Jadi itu dia penyebab kita sakit pinggang,” imbuhnya.

2. Menguatkan otot kecil dan otot besar

Berbeda dari beberapa olahraga yang lain, pilates mampu menguatkan seluruh otot yang ada di tubuh dalam satu olahraga tersebut. Diketahui, pilates mampu menguatkan otot kecil dan besar pada tubuh. Otot yang kuat mampu menjaga stabilitas tulang belakang.


3. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat pertama yakni memperbaiki postur tubuh. Dengan postur tubuh yang baik, maka aura kecantikan perempuan semakin terlihat. Sebab, postur menjadi salah satu hal yang menunjang kecantikan seorang perempuan.

“Cewekan cantik ya, jadi kita mau postur juga cantik gitu,” Shella Meisy.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)