7 Camilan Manis yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Kamis, 19 Oktober 2023 - 09:03 WIB
loading...
7 Camilan Manis yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes
Tidak perlu khawatir bagi penderita diabetes mengonsumsi makanan manis. Salah satunya bisa makan cokelat. Foto/ stocksy united.
A A A
JAKARTA – Bagi penderita diabetes , menemukan makanan manis yang rendah karbohidrat dan tambahan gula menjadi sebuah tantangan.

Demikian dengan memilih camilan tinggi serat, protein dan lemak yang menyehatkan jantung untuk mendukung pengendalian gula darah. Tentu ini jauh lebih sulit.

Namun, makanan di bawah ini tidak memerlukan persiapan apa pun untuk disantap. Dilansir Healthline pada Kamis (19/10/2023), berikut ulasannya.


Camilan Manis yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes

1. Cokelat hitam

Cokelat hitam bisa menjadi cara yang sehat dan lezat untuk memuaskan rasa manis Anda. Cokelat hitam sangat kaya akan flavonoid, sejenis senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah resistensi insulin dan melindungi terhadap masalah jantung bagi penderita diabetes tipe 2.

Coklat hitam lebih rendah gula, karbohidrat dan kalori dibandingkan coklat susu, dengan hanya 13 gram karbohidrat dalam setiap porsi 1 ons (28 gram) (2).

Untuk hasil terbaik, carilah coklat hitam dengan kandungan kakao minimal 70%, dan konsumsilah sekitar 1 ons (28 gram) setiap kalinya.

2. Pir

Pir adalah sumber serat yang baik, mengandung lebih dari 4 gram serat, dengan 21,3 gram karbohidrat, dalam setiap porsi 1 cangkir (140 gram).

Serat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, sehingga dapat menstabilkan kadar gula darah setelah makan.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi pir segar juga bisa menjadi strategi efektif untuk membantu meningkatkan kontrol gula darah bagi penderita diabetes.

Pir dapat dinikmati apa adanya sebagai camilan manis dan sederhana, atau dipotong menjadi irisan tipis seperti keripik dan dipanggang agar lebih renyah.

3. Apel

Apel serbaguna, lezat, dan bergizi, dengan 28 gram karbohidrat dan 5 gram serat dalam satu apel ukuran sedang.

Apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah, yang merupakan ukuran seberapa besar makanan tertentu mempengaruhi kadar gula darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)