6 Makanan Terbaik yang Bisa Tingkatkan Aliran dan Sirkulasi Darah

Kamis, 19 Oktober 2023 - 06:17 WIB
loading...
6 Makanan Terbaik yang Bisa Tingkatkan Aliran dan Sirkulasi Darah
Meskipun masalah peredaran darah sering kali dapat diatasi dengan obat-obatan, mengonsumsi makanan tertentu juga bisa meningkatkan aliran darah. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Sirkulasi darah yang buruk adalah masalah umum yang disebabkan oleh sejumlah kondisi. Penyakit arteri perifer (PAD), diabetes, obesitas, merokok, dan penyakit Raynaud adalah beberapa dari banyak penyebab buruknya sirkulasi.

Berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan, seperti nyeri, kram otot, mati rasa, masalah pencernaan, dan rasa dingin pada tangan atau kaki.

Meskipun masalah peredaran darah sering kali dapat diatasi dengan obat-obatan, mengonsumsi makanan tertentu juga bisa meningkatkan aliran darah. Berikut adalah 5 makanan terbaik untuk mengoptimalkan aliran darah, dikutip dari laman Healthline, Kamis (19/10/2023).


1. Bawang Putih

Bawang putih terkenal karena dampak menguntungkannya pada sirkulasi dan kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih khususnya senyawa sulfurnya, termasuk allicin dapat meningkatkan aliran darah jaringan dan menurunkan tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah.

2. Kunyit

Menurut pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok, kunyit telah dimanfaatkan sejak zaman kuno untuk membuka pembuluh darah serta meningkatkan sirkulasi darah karena adanya senyawa kurkumin di dalam kunyit.

3. Bawang Merah

Bawang merah adalah sumber antioksidan flavonoid yang sangat baik serta bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan membantu arteri dan vena melebar saat aliran darah meningkat.

Bawang juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat meningkatkan aliran darah dan kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan pada vena dan arteri.


4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan sawi kaya akan nitrat, yang diubah tubuh menjadi oksida nitrat, suatu vasodilator yang kuat.

Penelitian telah mengamati bahwa orang yang mengikuti pola makan tradisional Jepang dengan sayuran yang kaya nitrat seperti kubis China dan bayam memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan rendah sayuran.

5. Tomat

Tomat dapat membantu mengurangi aktivitas enzim pengubah angiotensin (ACE), yang menyebabkan pembuluh darah menyempit untuk mengontrol tekanan darah.

Penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak tomat bekerja mirip dengan obat penghambat ACE, dengan membuka pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

6. Buah Sitrus

Buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan anggur kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid.

Mengonsumsi buah jeruk yang kaya flavonoid dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kekakuan di arteri Anda, sekaligus meningkatkan aliran darah dan produksi oksida nitrat. Penelitian tambahan dari tahun 2022 juga menemukan bahwa makan buah jeruk dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)