Kenapa Penderita Diabetes Harus Batasi Konsumsi Karbohidrat?

Kamis, 19 Oktober 2023 - 09:37 WIB
loading...
A A A
Hal ini terjadi pada semua karbohidrat yang dapat dicerna, termasuk sumber olahan seperti keripik dan kue serta sumber utuh yang belum diolah seperti buah-buahan dan sayuran.

Ketika penderita diabetes mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, kadar gula darahnya bisa melonjak. Asupan karbohidrat yang tinggi biasanya memerlukan insulin dosis tinggi atau obat diabetes untuk mengatur gula darah.

Mengingat penderita diabetes tipe 1 tidak mampu memproduksi insulin, mereka perlu menyuntikkan insulin beberapa kali sehari, apa pun makanannya. Namun, mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat dapat mengurangi dosis insulin waktu makan mereka secara signifikan.

Pola makan yang mengandung 20–50 gram karbohidrat per hari juga terbukti menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit pada penderita pradiabetes.

Meskipun terdapat kekhawatiran bahwa asupan protein yang lebih tinggi pada diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan masalah ginjal, sebuah penelitian selama 12 bulan menemukan bahwa asupan karbohidrat yang sangat rendah tidak meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Studi lain menemukan bahwa diet ini sebenarnya dapat meningkatkan fungsi ginjal pada penderita diabetes tipe 2 dan fungsi ginjal normal atau penyakit ginjal ringan.

Diet rendah karbohidrat

Banyak diet rendah karbohidrat membatasi karbohidrat hingga 50–100 gram, atau sekitar 10–20% kalori per hari.

Meski hanya ada sedikit penelitian tentang pembatasan karbohidrat pada penderita diabetes tipe 1, penelitian yang ada telah melaporkan hasil yang mengesankan.

Salah satu kekhawatiran terbesar bagi penderita diabetes tipe 1 adalah hipoglikemia atau gula darah yang turun ke tingkat yang sangat rendah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Gula Berlebihan pada Anak, Bisa Turunkan Kecerdasan
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Jangan Tertipu Label...
Jangan Tertipu Label Low Sugar! Menkes Jelaskan Efek Pemanis Buatan pada Tubuh
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
India Resmi Larang Ekspor...
India Resmi Larang Ekspor Gula hingga September 2026, Awas Kenaikan Harga
Rekomendasi
SDN di NTT Dibongkar...
SDN di NTT Dibongkar untuk KDMP, Andreas PDIP: Jangan Korbankan Program Lainnya
GoPro Sekarat: Dari...
GoPro Sekarat: Dari Bintang Wall Street Rp198 Triliun Jadi Saham Receh
Kasus Penipuan Hanania...
Kasus Penipuan Hanania Travel, Polda Metro Periksa 70 Saksi
Berita Terkini
Tembus 40 Juta Views,...
Tembus 40 Juta Views, Adu Mekanik Sound Jadi Konten Paling Berkesan bagi Yongshun
Berkali-kali Muncul...
Berkali-kali Muncul Korban Tenggelam, Warga Mulai Curiga Ada yang Tak Beres di Tempat Ini
Confeti Love hingga...
Confeti Love hingga Moonlit Blush, Ini Makna di Balik Pendant Koleksi Baru Nagita Slavina x ISAGO
Cover Musik Jadi Cara...
Cover Musik Jadi Cara Generasi Digital Menunjukkan Kreativitas
Siap Uji Nyali? Ini...
Siap Uji Nyali? Ini Deretan Rekomendasi Microdrama Horor di V+Short
Dari Suara Tawa hingga...
Dari Suara Tawa hingga Sosok di Atas Pohon, Ini Pengalaman Paling membekas bagi Angga ABK!
Infografis
Ukraina Harus Setor...
Ukraina Harus Setor Logam Tanah Jarang jika Ingin Dibantu AS
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved