Kenapa Penderita Diabetes Harus Batasi Konsumsi Karbohidrat?

Kamis, 19 Oktober 2023 - 09:37 WIB
loading...
Kenapa Penderita Diabetes Harus Batasi Konsumsi Karbohidrat?
Berapa banyak karbohidrat yang harus dikonsumsi penderita diabetes? Ini penting untuk membantu Anda tetap sehat. Foto/ heart.org
A A A
JAKARTA - Berapa banyak karbohidrat yang harus dimakan bagi penderita diabetes dan masih banyak yang bingung akan hal ini.

Pedoman diet dari seluruh dunia merekomendasikan sekira 45–65% kalori harian dari karbohidrat. Namun, semakin banyak ahli yang percaya bahwa penderita diabetes harus makan lebih sedikit karbohidrat. Faktanya, banyak yang merekomendasikan kurang dari setengah jumlah tersebut.

Menghitung karbohidrat akan membantu memastikan Anda tetap berada dalam kisaran yang terbaik untuk Anda.


Jenis-jenis karbohidrat

1. Gula

Gula termasuk kategori yang dikenal sebagai karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana memiliki satu molekul gula (monosakarida) atau dua molekul gula (disakarida).

Gula ditemukan secara alami dalam makanan dan minuman seperti buah utuh, jus, produk susu dan madu. Itu juga ditambahkan ke makanan olahan seperti permen.

2. Pati

Pati dan serat keduanya merupakan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks memiliki setidaknya tiga molekul gula. Tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencerna, atau memecah, pati dibandingkan gula, dan tidak dapat mencerna serat sama sekali.

Pati ditemukan dalam makanan seperti kentang, jagung, kacang-kacangan, serta roti dan pasta gandum utuh.

3. Serat

Serat ditemukan dalam makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Tidak seperti gula dan pati, serat alami tidak meningkatkan kadar gula darah dan bahkan memperlambat kenaikannya. Banyak makanan dan minuman, seperti nasi, mengandung lebih dari satu jenis karbohidrat.

Bagaimana makanan mempengaruhi kadar gula darah?

Banyak faktor, termasuk olahraga, stres dan penyakit, yang memengaruhi kadar gula darah Anda. Konon, salah satu faktor terbesarnya adalah apa yang Anda makan.

Dari ketiga makronutrien – karbohidrat, protein dan lemak – karbohidrat memiliki pengaruh terbesar terhadap gula darah. Itu karena tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi gula, yang masuk ke aliran darah Anda.



Hal ini terjadi pada semua karbohidrat yang dapat dicerna, termasuk sumber olahan seperti keripik dan kue serta sumber utuh yang belum diolah seperti buah-buahan dan sayuran.

Ketika penderita diabetes mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, kadar gula darahnya bisa melonjak. Asupan karbohidrat yang tinggi biasanya memerlukan insulin dosis tinggi atau obat diabetes untuk mengatur gula darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)