Kenapa Penderita Diabetes Harus Batasi Konsumsi Karbohidrat?

Kamis, 19 Oktober 2023 - 09:37 WIB
loading...
A A A
Dalam sebuah penelitian kecil selama 12 bulan pada 2005, orang dewasa dengan diabetes tipe 1 yang membatasi asupan karbohidrat hariannya kurang dari 90 gram mengalami episode gula darah rendah 82% lebih sedikit dibandingkan sebelum mereka memulai diet.

Dalam sebuah penelitian 2012, penderita diabetes tipe 1 yang membatasi karbohidrat hingga 70 gram per hari, peserta mengalami penurunan HbA1c rata-rata dari 7,7% menjadi 6,4%. Terlebih lagi, tingkat HbA1c mereka tetap sama 4 tahun kemudian.

Penurunan HbA1c sebesar 1,3% merupakan perubahan signifikan yang harus dipertahankan selama beberapa tahun, terutama pada penderita diabetes tipe 1.

Penderita diabetes tipe 2 juga mendapat manfaat dari membatasi asupan karbohidrat hariannya.

Menurut tinjauan penelitian, orang yang mengonsumsi tidak lebih dari 26% kalori dari karbohidrat memiliki kemungkinan 32% lebih besar untuk mengalami remisi diabetes dibandingkan orang yang sebagian besar mengikuti diet rendah lemak. Seseorang dianggap remisi jika HbA1cnya di bawah 6,5%.

Baca Juga: Mengenal Penyebab, dan Gejala Epilepsi yang Diidap Amanda Manopo

Diet karbohidrat sedang

Diet karbohidrat yang lebih moderat dapat menyediakan 130–220 gram karbohidrat per hari, atau 26–44% kalori dalam diet 2.000 kalori.

Beberapa penelitian yang meneliti pola makan semacam itu melaporkan hasil yang baik pada penderita diabetes .

Dalam sebuah penelitian 2010 terhadap 259 penderita diabetes tipe 2, mereka yang mengikuti diet Mediterania yang menyediakan 35% atau lebih sedikit kalori dari karbohidrat mengalami penurunan HbA1c yang signifikan. Selama 12 bulan, HbA1c turun rata-rata 2,0%.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Gula Berlebihan pada Anak, Bisa Turunkan Kecerdasan
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Jangan Tertipu Label...
Jangan Tertipu Label Low Sugar! Menkes Jelaskan Efek Pemanis Buatan pada Tubuh
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
India Resmi Larang Ekspor...
India Resmi Larang Ekspor Gula hingga September 2026, Awas Kenaikan Harga
Rekomendasi
Cerita Perjalanan Revisi...
Cerita Perjalanan Revisi UU Polri, Kapolri Singgung Aksi Demo Agustus Kelam
Pakar Hukum: UU Polri...
Pakar Hukum: UU Polri yang Baru Akomodasi Kepentingan Masyarakat dan Kepolisian
Prabowo Resmikan RSUD...
Prabowo Resmikan RSUD KH Muhammad Thohir Krui, Komitmen Ingin Memodernisasi RS dalam 3 Tahun
Berita Terkini
Sunan Kalijaga Buka...
Sunan Kalijaga Buka Suara setelah Dituding Tak Profesional oleh Erin Wartia
Sooyoung SNSD dan Jung...
Sooyoung SNSD dan Jung Kyung-ho Putus setelah 14 Tahun Pacaran
Grillz Mawar Biru Jennie...
Grillz Mawar Biru Jennie BLACKPINK Jadi Perbincangan, Ada yang Menyebut Mirip Gigi Berlubang
Cari Tontonan Plot Twist?...
Cari Tontonan Plot Twist? Ini 5 Microdrama V+Short yang Wajib Masuk Watchlist
Video Persalinan Amanda...
Video Persalinan Amanda Manopo dan Baby Zac Viral, Ucapan soal Anak Kedua Curi Perhatian
Solusi Tepat Menghadapi...
Solusi Tepat Menghadapi Situasi Mendadak dalam Perjalanan Bisnis
Infografis
Syarat Penderita Diabetes...
Syarat Penderita Diabetes Diperbolehkan untuk Puasa
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved