Diet Keto Bermanfaat untuk Diabetes Tipe 2? Perhatikan Efek Sampingnya

Kamis, 19 Oktober 2023 - 10:06 WIB
loading...
Diet Keto Bermanfaat...
Penderita diabetes mungkin mendapat manfaat saat menjalani diet ketogenik, tetapi harus juga diperhatikan efeknya. Foto/ healthline.
A A A
JAKARTA - Penderita diabetes mungkin mendapat manfaat dari diet ketogenik, meski ada kemungkinan risiko terkait diet itu.

Diet khusus untuk diabetes tipe 2 sering kali berfokus pada penurunan berat badan. Nah, diet ketogenik (keto), tinggi lemak dan rendah karbohidrat, berpotensi mengubah cara tubuh menyimpan dan menggunakan energi sehingga meringankan gejala diabetes.

Baca Juga: 3 Manfaat Pilates untuk Wanita, Bisa Mengatasi Sakit Pinggang

Dengan diet keto, tubuh mengubah lemak, bukan gula, menjadi energi. Diet ini diciptakan pada 1920an sebagai pengobatan epilepsi, namun efek dari pola makan ini juga sedang dipelajari untuk diabetes tipe 2.

Diet ketogenik dapat meningkatkan kadar glukosa darah (gula) sekaligus mengurangi kebutuhan insulin. Namun, diet tersebut memang memiliki risiko. Pastikan untuk mendiskusikannya dengan dokter Anda sebelum melakukan perubahan pola makan secara drastis.

Pahami tinggi lemak dalam diet ketogenik

Tujuan dari diet ketogenik adalah agar tubuh menggunakan lemak sebagai energi, bukan karbohidrat atau glukosa. Pada diet keto, Anda mendapatkan sebagian besar energi dari lemak dan sangat sedikit energi yang berasal dari karbohidrat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Tak hanya Obat, Protokol...
Tak hanya Obat, Protokol 3R Jadi Pendekatan Baru Menuju Remisi Diabetes
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
Rekomendasi
Implementasi PP TUNAS...
Implementasi PP TUNAS Harus Bisa Jaga Daya Saing Generasi Muda di Ekonomi Digital
Bank Mantap Serahkan...
Bank Mantap Serahkan Santunan kepada Ahli Waris Jenderal Purn Ryamizard Ryacudu
24 Negara Pembeli Minyak...
24 Negara Pembeli Minyak Terbesar AS, Cek Posisi Indonesia
Berita Terkini
Dari Iran ke Indonesia,...
Dari Iran ke Indonesia, Pesepeda Arezoo Tampil Memukau Lewat Sentuhan Ade Fitri Kirana
Nonton Gratis hingga...
Nonton Gratis hingga VIP, Ini Beragam Cara Menikmati Microdrama di V+Short
Ruben Onsu Tak Lagi...
Ruben Onsu Tak Lagi Harapkan Permintaan Maaf Sarwendah, Hanya Ingin Bertemu Anak
Liburan Mewah Tanpa...
Liburan Mewah Tanpa Menguras Anggaran: Hotel Bintang 4 dan 5 Mulai Rp300.000
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
Pembuktian Irish Bella...
Pembuktian Irish Bella jadi Produser di Film Horor Dosa, Tayang 11 Juni
Infografis
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved