11 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 05:00 WIB
loading...
11 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat
Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat bisa menjadi alternatif penderita hipertensi. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi serius. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat bisa menjadi alternatif penderita hipertensi. Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan umum yang dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani.

Untungnya, perubahan gaya hidup, seperti pilihan pola makan dan olahraga teratur, dapat berperan penting dalam mengelola dan menurunkan tekanan darah tinggi . Penting untuk diingat bahwa perubahan gaya hidup membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasilnya.

Konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan perubahan signifikan pada pola makan atau rutinitas olahraga, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya. Dengan menerapkan tips ini ke dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat



Berikut cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat dilansir dari Times of India, Jumat (20/10/2023).



1. Diet DASH


Diet ini menekankan pada biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak sambil membatasi asupan natrium. Diet seimbang ini dapat membantu menurunkan tekanan darah seiring berjalannya waktu.

2. Kurangi Asupan Garam


Mengurangi garam dapat berdampak besar pada tekanan darah. Waspadai makanan olahan dan makanan restoran, yang sering kali mengandung kadar natrium tinggi.

3. Konsumsi Makanan Kaya Kalium


Makanan tinggi potasium, seperti pisang, ubi jalar, dan sayuran berdaun hijau, dapat melawan efek natrium dan menurunkan tekanan darah.

4. Magnesium dan Kalsium


Magnesium dan kalsium merupakan mineral yang ditemukan dalam makanan seperti almond dan produk susu. Kandungan ini sangat penting untuk pengaturan tekanan darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)