5 Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Coba, Serabi hingga Sate Kere

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 03:50 WIB
loading...
5 Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Coba, Serabi hingga Sate Kere
Tak lengkap rasanya bila ke Solo belum menikmati kulinernya. Foto/Freepik
A A A
SOLO - Solo masuk dalam deretan kota ternyaman dalam survei Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) 2022. Dalam survei bertajuk IAP Most Liveable Cities Index (MLCI) 2022, Solo mendapatkan nilai indeks 77. Solo menduduki peringkat pertama mengungguli kota tetangganya yaitu Yogyakarta.

Solo memang layak mendapat julukan kota ternyaman sebab memiliki banyak hal menarik saat berkunjung ke kota tersebut. Mulai dari destinasi wisata hingga kulinernya yang beragam.

Tak lengkap rasanya bila ke Solo belum menikmati kulinernya. Nah, berikut deretan kuliner khas Solo yang wajib dicoba, yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (21/10/2023).


1. Serabi Notosuman

5 Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Coba, Serabi hingga Sate Kere

Foto/Instagram @miss.cullinary88

Makanan khas Solo yang wajib dicoba pertama adalah Serabi Notosuman. Serabi Notosuman terbuat dari tepung beras, santan, gula dan garam. Cita rasa serabi ini adalah manis, asin, dan gurih.

Di Solo sendiri, Serabi Notosuman yang paling terkenal adalah outlet Handayani dan Lidia. Kedua outlet ini memiliki konsep konsep open kitchen sehingga pembeli bisa menyaksikan langsung proses pembuatannya sampai dengan disajikan.

Untuk rasanya, sebenarnya beragam. Namun baik Handayani maupun Lidia konsisten hanya menjual dua rasa, yaitu polos dan cokelat.

Serabi Notosuman disajikan dengan cara digulung menggunakan daun pisang sehingga saat disantap aroma wangi dari daun pisang yang khas begitu terasa.

2. Sate Buntel

5 Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Coba, Serabi hingga Sate Kere

Foto/Instagram @bangreiichannel

Selain Serabi Notosuman, Anda juga harus mencoba sate buntel yang cukup legendaris. Makanan ini jadi favorit Presiden Soeharto dan Presiden Joko Widodo.

Sate buntel dibuat dengan bahan dasar daging kambing yang sudah dicincang halus lalu dibungkus dengan lapisan lemak tipis. Kemudian satu tersebut dililitkan ke tusukan dan dibakar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)