Ramuan Herbal Bisa Bersihkan Lemak di Jantung dan Pembuluh Darah, Mitos atau Fakta?

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 07:00 WIB
loading...
Ramuan Herbal Bisa Bersihkan Lemak di Jantung dan Pembuluh Darah, Mitos atau Fakta?
Beberapa orang percaya ramuan herbal bisa membersihkan lemak di jantung dan pembuluh darah. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki beragam jenis rempah yang tentu mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa orang percaya ramuan herbal bisa membersihkan lemak di jantung dan pembuluh darah.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh darah dari Heartology Cardiovascular Hospital Dr. dr. Jajang Sinardja, Sp.JP(K) mengatakan, hal itu tidak benar dan hanya mitos semata.

"Sampai sekarang nggak ada satu zat pun dari herbal yang bisa melumerkan atau meluruhkan lemak di jantung dan pembuluh darah," kata dr Jajang dalam acara Era Baru Penanganan Darurat Serangan Jantung Lewat Primary PCI di Heartology Cardiovascular Center, Jumat (20/10/2023).



Menurut dr Jajang, peluang dan kesembuhan dari pasien yang minum obat herbal hanya kebetulan saja.

"Kita di dunia medis sangat hati-hati menerima sesuatu. Bahkan para peneliti melakukan penelitian berpuluh-puluh tahun hingga mendapatkan teknologi pengobatan yang bagus. Jadi kalau hanya dengan obat herbal aja nggak bisa," jelasnya.

Menurut dr Jajang, untuk mengatasi masalah lemak pada jantung dan pembuluh darah, sebaiknya menjaga pola hidup sehat agar tidak mudah terjadi plak.

"Makan banyak sayur, olahraga, pola makannya high fiber, low fat, dan low calorie. Pokoknya pola hidup dijaga, itu saja cukup tanpa bantuan herbal," tandasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2899 seconds (0.1#10.140)