Manfaat Kayu Manis, Rempah Aromatik yang Turunkan Gula Darah dan Melawan Diabetes

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 15:28 WIB
loading...
Manfaat Kayu Manis, Rempah Aromatik yang Turunkan Gula Darah dan Melawan Diabetes
Kayu manis memiliki banyak manfaat, seperti mengelola gula darah hingga mengurangi risiko komplikasi terkait diabetes. Foto/ getty.
A A A
JAKARTA - Kayu manis memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebut saja membantu mendukung pengelolaan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar gula darah setelah makan dan mengurangi risiko komplikasi terkait diabetes.

Diabetes adalah suatu kondisi yang mempengaruhi pengelolaan gula darah, yang dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang seperti penyakit jantung, penyakit ginjal dan kerusakan saraf.

Perawatan sering kali mencakup obat-obatan dan suntikan insulin, namun banyak orang tertarik pada makanan yang dapat membantu menurunkan gula darah.


Apa itu kayu manis?

Kayu manis merupakan rempah aromatik yang berasal dari kulit beberapa spesies pohon Cinnamomum.

Meski yang terbenak dalam pikiran Anda, kayu manis identik dengan roti gulung atau sereal, tetapi sebenarnya kayu manis telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional dan pengawetan makanan.

Satu sendok teh (sdt), ukuran porsi rata-rata kayu manis, tidak mengandung banyak vitamin atau mineral. Namun, banyak resep membutuhkan lebih dari 1 sdt dan kayu manis dalam jumlah besar memang mengandung banyak vitamin dan mineral. Kayu manis juga mengandung antioksidan dalam jumlah lebih besar, yang memberikan banyak manfaat kesehatan kayu manis.



Faktanya, sebuah penelitian pada 84 orang dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) menemukan bahwa mengonsumsi 1.500 miligram (mg) kayu manis setiap hari menyebabkan peningkatan kadar antioksidan darah yang signifikan setelah 8 minggu.

Antioksidan penting karena membantu tubuh mengurangi stres oksidatif, sejenis kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 gram (g) ekstrak kayu manis setiap hari selama 12 minggu mengurangi kadar gula darah puasa dan meningkatkan penanda stres oksidatif pada penderita diabetes tipe 2.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)
pixels