Manfaat Kayu Manis, Rempah Aromatik yang Turunkan Gula Darah dan Melawan Diabetes

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 15:28 WIB
loading...
A A A
Baca Juga: 5 Penyakit yang Bisa Diatasi dengan Bawang Putih, Salah Satunya Hipertensi

Faktanya, sebuah penelitian pada 84 orang dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) menemukan bahwa mengonsumsi 1.500 miligram (mg) kayu manis setiap hari menyebabkan peningkatan kadar antioksidan darah yang signifikan setelah 8 minggu.

Antioksidan penting karena membantu tubuh mengurangi stres oksidatif, sejenis kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 gram (g) ekstrak kayu manis setiap hari selama 12 minggu mengurangi kadar gula darah puasa dan meningkatkan penanda stres oksidatif pada penderita diabetes tipe 2.

Hal ini penting karena stres oksidatif telah dikaitkan dengan perkembangan hampir semua penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2. Ini menurunkan gula darah puasa dan dapat menurunkan hemoglobin A1c

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu meningkatkan pengelolaan gula darah. Faktanya, tinjauan terhadap 16 penelitian menyimpulkan bahwa kayu manis dapat secara signifikan mengurangi kadar gula darah puasa dan resistensi insulin dibandingkan dengan plasebo pada penderita diabetes tipe 2 dan pradiabetes.

Kayu manis menurunkan gula darah setelah makan

Gula darah postprandial mengacu pada kadar gula darah Anda setelah makan. Kadar gula darah bisa meningkat cukup banyak setelah Anda makan, tergantung pada ukuran makanan dan berapa banyak karbohidrat yang dikandungnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Kerja Shift Malam, Risiko Penyakit Jantung Meningkat
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Kronologi Calvin Dores...
Kronologi Calvin Dores Alami Serangan Jantung, Sempat Ngeluh Sesak Napas
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Serangan Jantung Ancam...
Serangan Jantung Ancam Usia Produktif, Siloam Siapkan Sistem Penanganan Terintegrasi
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
Tak Ingin Kerusakan...
Tak Ingin Kerusakan Akibat Serangan Iran Diketahui Dunia, Israel Berlakukan Sensor Militer
Jadi Penasihat Presiden,...
Jadi Penasihat Presiden, Said Iqbal Tegaskan Buruh Tetap Bisa Demo Sesuai Aturan
Implementasi PP TUNAS...
Implementasi PP TUNAS Harus Bisa Jaga Daya Saing Generasi Muda di Ekonomi Digital
Berita Terkini
Dari Iran ke Indonesia,...
Dari Iran ke Indonesia, Pesepeda Arezoo Tampil Memukau Lewat Sentuhan Ade Fitri Kirana
Nonton Gratis hingga...
Nonton Gratis hingga VIP, Ini Beragam Cara Menikmati Microdrama di V+Short
Ruben Onsu Tak Lagi...
Ruben Onsu Tak Lagi Harapkan Permintaan Maaf Sarwendah, Hanya Ingin Bertemu Anak
Liburan Mewah Tanpa...
Liburan Mewah Tanpa Menguras Anggaran: Hotel Bintang 4 dan 5 Mulai Rp300.000
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
Pembuktian Irish Bella...
Pembuktian Irish Bella jadi Produser di Film Horor Dosa, Tayang 11 Juni
Infografis
9 Manfaat Rebusan Daun...
9 Manfaat Rebusan Daun Beluntas, Bantu Kendalikan Kadar Gula Darah
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved