8 Jenis Ikan yang Menyebabkan Asam Urat Menumpuk di Sendi

Minggu, 22 Oktober 2023 - 05:00 WIB
loading...
8 Jenis Ikan yang Menyebabkan Asam Urat Menumpuk di Sendi
Ada beberapa jenis ikan yang menyebabkan asam urat menumpuk di sendi. CDC mengatakan asam urat adalah bentuk umum dari radang sendi yang sangat menyakitkan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa jenis ikan yang menyebabkan asam urat menumpuk di sendi. Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) mengatakan asam urat adalah bentuk umum dari radang sendi yang sangat menyakitkan.

Dilansir dari Express, Minggu (22/10/2023) biasanya asam urat menyerang satu sendi pada satu waktu dan seringkali pada sendi jempol kaki. Mungkin mengejutkan mendengar bahwa jenis ikan tertentu dapat memicu gejala asam urat .

Efek ini disebabkan oleh kandungan purin yang terdapat pada ikan. "Senyawa purin, baik yang diproduksi di dalam tubuh atau dari konsumsi makanan tinggi purin, dapat meningkatkan kadar asam urat," kata The Arthritis Foundation (AF).

Kelebihan asam urat dapat menghasilkan kristal asam urat, yang kemudian menumpuk di jaringan lunak dan persendian. Kondisi ini menyebabkan gejala asam urat yang menyakitkan.

Ikan yang Menyebabkan Asam Urat Menumpuk di Sendi





Mengingat risiko yang ditimbulkan oleh makanan tinggi purin, penderita asam urat harus berusaha membatasi makanan tersebut. Adapun ikan yang tinggi purin meliputi:

1. Teri
2. Sarden
3. Herring
4. Remis
5. Codfish
6. Scallop
7. Trout
8. Haddock

Menurut Mayo Clinic, manfaat kesehatan secara keseluruhan dari makan ikan mungkin lebih besar daripada risikonya bagi penderita asam urat. "Ikan dalam porsi sedang bisa menjadi bagian dari diet asam urat," jelas Mayo Cilinic.

8 Jenis Ikan yang Menyebabkan Asam Urat Menumpuk di Sendi

Foto/Infografis SINDOnews
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)