5 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi selama Menstruasi, Bantu Atasi Nyeri

Minggu, 22 Oktober 2023 - 09:20 WIB
loading...
5 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi selama Menstruasi, Bantu Atasi Nyeri
Nutrisi berperan penting dalam membantu mengatasi gejala menstruasi seperti kram perut, nyeri, perubahan mood, dan kelelahan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Saat menstruasi, kebanyakan wanita mengalami perubahan emosional yang kerap disertai dengan gejala fisik yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Nutrisi berperan penting dalam membantu mengatasi gejala menstruasi seperti kram perut, nyeri, perubahan mood, dan kelelahan.

Inilah beberapa makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi untuk membantu Anda merasa lebih baik, dikutip dari laman Healthline, Minggu (22/10/2023).


1. Ikan

Kaya akan zat besi, protein, dan asam lemak omega-3, ikan merupakan tambahan nutrisi untuk makanan Anda. Mengonsumsi zat besi akan menangkal penurunan kadar zat besi yang mungkin Anda alami saat menstruasi.

Omega-3 dapat mengurangi intensitas nyeri haid, menurut sebuah penelitian tahun 2012. Subjek yang mengonsumsi suplemen omega-3 menemukan bahwa nyeri haid mereka berkurang drastis.

2. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai bumbu anti-inflamasi, dengan kurkumin menjadi bahan aktif utamanya. Sebuah studi tahun 2015 mengamati efek kurkumin pada gejala PMS dan menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kurkumin memiliki gejala yang tidak terlalu parah.

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan zat besi dan magnesium. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa magnesium mengurangi keparahan gejala saat menstruasi.

Sementara menurut sebuah studi tahun 2015, orang dengan kekurangan magnesium lebih cenderung mengalami gejala menstruasi yang parah.

4. Kacang

Kebanyakan kacang-kacangan kaya akan asam lemak omega-3 dan merupakan sumber protein yang baik. Kacang juga mengandung magnesium dan berbagai vitamin.

5. Ayam

Ayam adalah makanan kaya zat besi dan protein lain yang dapat ditambahkan ke dalam makanan Anda. Mengonsumsi protein sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan dapat membantu agar perut tetap kenyang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)