6 Kota Tersepi di Pulau Sumatera, Ada yang Penduduknya Cuma 67 Orang

Minggu, 22 Oktober 2023 - 16:00 WIB
loading...
6 Kota Tersepi di Pulau Sumatera, Ada yang Penduduknya Cuma 67 Orang
Kota tersepi di Pulau Sumatera tersebar dari utara hingga selatan pulau Suwarnadwipa itu. Foto/Tangkapan Layar YouTube TEJ Story
A A A
JAKARTA - Kota tersepi di Pulau Sumatera tersebar dari utara hingga selatan pulau Suwarnadwipa itu. Julukan kota tersepi disematkan lantaran sebaran penduduk di kota ini sangat sedikit dibandingkan kota lain berdasarkan data Badan Pusat Statistik.

Lantas, wilayah mana saja yang menjadi kota tersepi di Pulau Sumatera? Berikut informasinya, yang dirangkum pada Minggu (22/10/2023).

Kota Tersepi di Pulau Sumatera


1. Kota Subulussalam, Nanggroe Aceh Darussalam

Dari utara Pulau Sumatera, ada Subulussalam yang menjadi kota tersepi di pulau Suwarnadwipa. Subulussalam sendiri masuk ke dalam wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Kota Subulussalam bahkan menempati posisi pertama kota tersepi di Indonesia. Tercatat hanya ada 93.710 jiwa yang menghuni kota ini, sementara luas wilayahnya mencapai 1.391 kilometer persegi. Jika dirata-rata, maka kepadatan penduduk di Subulussalam hanya 67 jiwa per kilometer persegi.

2. Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam

Masih dari Aceh, Sabang menjadi kota tersepi selanjutnya di Pulau Sumatera. Kota Sabang berada di Pulau Weh yang terletak di ujung Sumatera atau ujung paling barat Indonesia.

Kota ini terkenal dengan titik 0 kilometernya yang menjadi titik acuan atau penanda dalam menentukan jarak dari satu kota ke kota lain di Indonesia. Meski demikian, Kota Sabang ternyata sangat sepi penduduk. Pasalnya, kota seluas 153 kilometer persegi ini hanya dihuni oleh 42.559 jiwa. Atau dengan kata lain, kepadatan penduduk di Kota Sabang hanya 278 jiwa per kilometer persegi.

3. Kota Dumai, Riau

Dumai di Provinsi Riau dinobatkan sebagai kota terluas ke-3 di Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 1.623 kilometer persegi. Namun, luas wilayah tersebut tak diimbangi dengan jumlah penduduknya.

Kota Dumai tercatat hanya dihuni oleh 323.090 jiwa. Sehingga, rata-rata kepadatan penduduk di kota ini hanya 199 jiwa per kilometer persegi.


4. Kota Sungai Penuh, Jambi

Kota Sungai Penuh di Provinsi Jambi memiliki luas 392 kilometer persegi dan hanya dihuni oleh 97.190 jiwa. Dengan kata lain, kepadatan penduduk di kota ini hanya 248 jiwa per kilometer persegi.

5. Kota Sawahlunto, Sumatera Barat

Kota Sawahlunto berada di sebelah timur laut Kota Padang, ibu kota Sumatera Barat. Kota ini memiliki luas 232 kilometer persegi dan dihuni oleh 66.962 jiwa. Berdasarkan itu, artinya rata-rata kepadatan penduduk di Sawahlunto cuma 289 jiwa per kilometer persegi.

6. Kota Pagaralam, Sumatera Selatan

Pagaralam di Sumetara Selatan berjarak 298 KM dari Kota Palembang. Pagaralam menjadi kota tersepi karena hanya dihuni oleh 147.537 jiwa di dalam wilayah seluas 634 kilometer persegi. Dengan demikian, kepadatan penduduk Kota Pagaralam hanya 233 jiwa per kilometer persegi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3700 seconds (0.1#10.140)