5 Manfaat Bawang Putih, Bumbu Dapur yang Mampu Melawan Kanker

Senin, 23 Oktober 2023 - 08:00 WIB
loading...
5 Manfaat Bawang Putih, Bumbu Dapur yang Mampu Melawan Kanker
Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Foto/ pharmeasy.in
A A A
JAKARTA - Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang telah digunakan selama berabad-abad ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bawang putih kerap dijadikan bahan pengobatan alternatif karena memiliki sifat antibakteri dan antiseptik.

Khasiat bawang putih bermanfaat karena adanya senyawa allicin dan diketahui kaya akan mineral seperti fosfor, seng, kalium, magnesium, vitamin C, K, Folat, niasin dan tiamin.

Vitamin dan kandungan dari bawang putih inilah yang memberikan beberapa manfaat jika dikonsumsi oleh tubuh, berikut ulasannya dikutip dari PharmEasy, Minggu (22/10/2023).


Manfaat Bawang Putih

1. Memperbaiki Pencernaan

Masalah pencernaan membaik dengan menambahkan bawang putih mentah ke dalam makanan. Bawang putih bermanfaat bagi usus dan mengurangi peradangan. Mengkonsumsi bawang putih mentah membantu membersihkan cacingan. Bahkan bisa menghancurkan bakteri jahat dan melindungi bakteri baik di usus.

2. Mencegah Batuk dan Pilek

Bawang putih mentah berpotensi menangkal infeksi batuk dan pilek. Mengonsumsi dua siung bawang putih yang dihaluskan saat perut kosong memiliki manfaat yang maksimal.

Untuk anak-anak dan bayi, menggantungkan siung bawang putih pada benang di lehernya diharapkan dapat meredakan gejala hidung tersumbat.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Bawang putih meningkatkan kesehatan otak karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Bawang putih efektif melawan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia.

4. Mengurangi Toksisitas Darah

Bagi orang yang rentan terhadap keracunan timbal di lingkungan kerja, bawang putih mungkin merupakan solusi organik terbaik.

Penelitian yang dilakukan pada 2012 mengungkapkan bahwa bawang putih sebenarnya lebih aman dan lebih baik dalam mengurangi keracunan timbal dalam darah dibandingkan d-Penicillamine, obat umum yang digunakan untuk mengobati kondisi yang sama.


5. Mencegah Kanker dan Tukak Lambung

Karena tingginya jumlah antioksidan, bawang putih melindungi tubuh terhadap kanker paru-paru, prostat, kandung kemih, lambung, hati dan usus besar. Tindakan antibakteri bawang putih mencegah tukak lambung karena menghilangkan penularan dari usus.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)