7 Obat Diare Anak Alami Paling Ampuh, Bunda Wajib Tahu

Senin, 23 Oktober 2023 - 14:58 WIB
loading...
7 Obat Diare Anak Alami Paling Ampuh, Bunda Wajib Tahu
Beberapa obat diare alami bisa menjadi pertolongan pertama pada anak. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada beberapa obat diare anak alami yang bisa menjadi pertolongan pertama. Obat alami ini juga aman dikonsumsi untuk membantu mengatasi gejala diare.

Diare pada anak bisa disebabkan karena beberapa hal seperti keracunan makanan, gangguan usus, hingga infeksi virus, bakteri, atau parasit. Beberapa bahan alami memiliki khasiat untuk meredakan perut kembung, mual, muntah, dan menormalkan gerakan usus.

Adapun beberapa bahan alami yang biasa digunakan untuk obat diare adalah sebagai berikut.

Obat Diare Anak Alami Paling Ampuh


1. Probiotik


Probiotik adalah mikroorganisme yang bermanfaat bagi sistem pencernaan karena mendukung kerja usus dan membantu melawan infeksi. Probiotik bisa diperoleh dari makanan berfermentasi seperti yoghurt.



Dalam sebuah penelitian disebutkan mengonsumsi probiotik dapat mempersingkat durasi pemulihan dari diare. Makan probiotik juga relatif aman karena tanpa efek samping.

2. Air putih hangat


Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Diare membuat dehidrasi, sehingga membuat pencernaan lebih sulit dan bekerja kurang efektif.

Kamu perlu mengganti jumlah asupan air yang berkurang karena diare dengan minum air putih. Alangkah lebih baik bila air putih yang kamu minum dalam kondisi hangat, sehingga membantu menghangatkan perutmu.

3. Jahe


Jahe adalah obat alami yang umum untuk sakit perut dan gangguan pencernaan. Jahe mengandung bahan kimia yang disebut gingerol dan shogaol yang dapat membantu mempercepat kontraksi perut.



Ini dapat memindahkan makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan melalui perut lebih cepat. Kandungan alami pada jahe juga dapat membantu mengurangi mual, muntah, dan diare. Orang dengan sakit perut dapat mencoba menambahkan jahe ke makanan mereka atau meminumnya sebagai teh.

4. Mint


Selain menghilangkan bau napas, menthol pada mint dapat mencegah muntah saat diare, mengurangi kejang otot di usus, serta menghilangkan rasa sakit. Mengisap permen mint juga bisa menjadi cara lain untuk membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan mulas karena diare.

5. Kombinasi jeruk nipis, soda kue, dan air


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencampurkan air jeruk nipis ke dalam air dengan sejumput soda kue dapat membantu meredakan berbagai keluhan pencernaan. Campuran ini dapat membantu menetralkan asam lambung yang berlebihan dan meningkatkan produksi lendir di lambung untuk melindungi lapisan lambung dari iritasi.

6. Daun jambu biji


Daun jambu biji memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang dapat membantu mengobati diare. Daun jambu biji juga dapat membantu mengurangi peradangan pada usus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.



Cara membuat obat diare dari daun jambu biji adalah dengan merebus beberapa lembar daun jambu biji dalam air selama 15-20 menit, lalu saring dan minum air rebusannya.

7. Kunyit


Kunyit adalah rempah-rempah yang memiliki antioksidan kuat yang dapat membantu melawan infeksi dan meredakan peradangan pada saluran pencernaan. Kunyit juga dapat membantu meningkatkan produksi empedu yang berfungsi untuk mencerna lemak dan menyerap nutrisi penting dari makanan.

Cara membuat obat diare dari kunyit adalah dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat, lalu minum dua kali sehari. Dengan begitu, diare anak akan segera sembuh.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)