7 Rekomendasi Obat Diare Dewasa Terbaik, Nomor 4 Tersedia dalam Bentuk Cair

Rabu, 26 April 2023 - 12:55 WIB
loading...
7 Rekomendasi Obat Diare Dewasa Terbaik, Nomor 4 Tersedia dalam Bentuk Cair
Rekomendasi obat diare dewasa terbaik penting diketahui. Apalagi, masalah gangguan pencernaan ini jika tak diatasi dapat membuat aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Rekomendasi obat diare dewasa terbaik penting diketahui. Apalagi, masalah gangguan pencernaan ini memang cukup membuat aktivitas sehari-hari jadi terganggu.

Obat diare dewasa tentu berbeda dengan obat diare pada anak. Pasalnya, gejala dan penyebabnya juga kerap berbeda. Obat berikut ini tentu hanya dianjurkan untuk orang dewasa.

Obat Diare Dewasa Terbaik

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa daftar rekomendasi obat diare dewasa terbaik.

1. Pektin

Pektin merupakan salah satu rekomendasi obat diare dewasa pertama yang bisa kamu coba. Beberapa penelitian menunjukan bahwa pektin mampu meredakan diare dengan cara menyerap air pada usus, sehingga dapat memadatkan kembali tekstur tinja.



Meski begitu, obat diare satu ini juga dapat menimbulkan efek samping berupa perut kram atau perut kembung.

2. Oralit

Rekomendasi obat diare dewasa selanjutnya adalah Oralit. Obat ini merupakan salah satu andalan yang sering digunakan oleh para penderita diare.

Biasanya Oralit dijual dalam bentuk serbuk atau bubuk yang dilarutkan ke dalam air hangat. Oralit bisa kamu beli tanpa resep obat di apotik terdekat.

Efek obat ini baru akan terasa setelah 8-12 jam setelah mengonsumsinya. Takaran bagi orang dewasa sekitar 50-100 ml, sedangkan pada anak sekitar 15-100 ml.

3. Diapet NR

Diapet NR merupakan obat diare yang mengandung daun atau ekstrak jambu biji yang memang dipercaya bermanfaat untuk mengobati diare.

Obat ini dikemas dalam bentuk kapsul herbal dan bekerja menyerap racun dengan mengandalkan activated carbon dan attapulgite yang terkandung di dalamnya.

Diapet NR bermanfaat untuk membantu menghentikan buang air besar terus menerus dan rasa mulas akibat gangguan sistem pencernaan akan mereda. Selain itu, obat ini membantu mengubah feses yang semulanya cair menjadi padat.

4. Imodium

Imodium adalah obat diare yang bekerja untuk memperlambat gerak usus agar menghasilkan konsistensi feses lebih padat. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, atau tablet yang meleleh.

Kamu bisa memperoleh Imodium dengan resep dokter atau membelinya langsung di apotik. Obat ini juga tersedia dalam bentuk cair, tapi hanya bisa didapatkan melalui resep dokter.

Orang dewasa hanya boleh mengongsumsi obat ini sebanyak 4 mg dalam bentuk tablet atau kapsul telat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)