7 Manfaat Buah Kaktus untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Pengelolaan Gula Darah

Senin, 23 Oktober 2023 - 15:12 WIB
loading...
7 Manfaat Buah Kaktus untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Pengelolaan Gula Darah
Manfaat buah kaktus untuk kesehatan masih jarang diketahui. Foto/Health
A A A
JAKARTA - Ada beragam manfaat buah kaktus yang mungkin masih jarang diketahui. Salah satunya adalah membantu pengelolaan gula darah.

Bagi sebagian orang, kaktus biasa dikenali sebagai tanaman berduri yang sering dijadikan hiasan. Tak hanya itu, ternyata kaktus juga dipercaya mampu memberikan manfaat dari sisi kesehatan.

Meski tidak semuanya, ada banyak jenis buah kaktus yang bisa dikonsumsi. Masing-masing juga disebut kaya nutrisi dan banyak mengandung manfaat. Berikut beberapa di antaranya yang bisa diketahui.

Manfaat Buah Kaktus untuk Kesehatan


1. Membantu Pengelolaan Gula Darah


Salah satu jenis buah kaktus yang bisa dikonsumsi adalah Prickly Pear atau Pir Berduri. Buah ini juga biasa dikenal dengan sebutan nopal, opuntia, dan nama lainnya.

Kaktus pir berduri banyak dipromosikan untuk membantu mengobati penyakit seperti kolesterol tinggi hingga diabetes. Terkait alasannya, hal ini disebut karena kandungan antivirus dan sifat anti-inflamasinya.



Mengutip Healthline, Senin (23/10/2023), penggunaan kaktus pir berduri dikaitkan dalam pengelolaan gula darah. Pektin serat larut dalam pir berduri memiliki sifat penurun gula darah.

Sebuah tinjauan yang memuat beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi pir berduri menyebabkan penurunan kadar gula darah dan insulin secara signifikan. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian guna memahami efek dan bagian pir berduri yang paling bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

2. Melindungi Saluran Pencernaan


Kaktus memiliki banyak serat pangan yang bermanfaat dalam proses pencernaan. WebMD juga menyebutkan kaktus mempunyai kandungan betalain dan potasium.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)