10 Buah Rendah Gula Terbaik, Alpukat Cuma 1 Gram

Senin, 23 Oktober 2023 - 13:48 WIB
loading...
10 Buah Rendah Gula Terbaik, Alpukat Cuma 1 Gram
Ada beberapa buah rendah gula yang baik dikonsumsi oleh Anda yang ingin menjaga asupan glukosa. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Ada beberapa buah rendah gula yang baik dikonsumsi oleh Anda yang ingin menjaga asupan glukosa. Terlebih jika Anda sudah didiagnosa mengidap diabetes.

Penderita diabetes memang wajib menghindari yang namanya gula. Mungkin Anda sudah menghindari gula olahan, tetapi tidak menyadari berapa banyak gula yang diasup dari buah-buahan yang dikonsumsi sehari-hari.

Meskipun buah mengandung banyak nutrisi penting, namun beberapa varietas diketahui memiliki kandungan gula lebih tinggi dibandingkan jenis buah yang lain. Maka itu, Anda harus pintar-pintar memilih buah, dalam hal ini tentu saja buah-buahan yang rendah gula.



Berikut 10 buah rendah gula terbaik yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes atau siapa pun yang ingin menjaga asupan glukosa, yang dilansir dari laman Healthline, Senin (23/10/2023).

Buah Rendah Gula Terbaik

1. Lemon

Dalam satu buah lemon hanya terkandung sekitar 2,1 gram gula. Hal ini menjadikan lemon tambahan beraroma dan rendah gula yang sempurna untuk segelas air.

2. Raspberry

Raspberry dengan porsi satu cangkir mengandung tak lebih dari 5 gram gula atau kurang satu sendok teh.

3. Stroberi

Stroberi juga memiliki kandungan gula yang cukup rendah. Satu cangkir stroberi mentah mengandung sekitar 7 gram gula.

4. Blackberry

Blackberry sama seperti stroberi, hanya mengandung 7 gram gula per cangkir.

5. Kiwi

Buah kiwi yang dikenal sangat kaya vitamin C, juga mengandung gula yang rendah. Yakni hanya 6,7 gram gula per buah.

6. Jeruk Bali

Meskipun rasa jeruk bali tidak semanis anggur, buah ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk sarapan lho. Kandungan gulanya cuma 10,6 gram dalam setengah buah jeruk bali.


7. Alpukat

Satu buah alpukat mentah utuh hanya mengandung 1 gram gula. Sedikit sekali bukan? Harus masuk menu diet nih, karena alpukat juga kaya akan lemak sehat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

8. Semangka

Buah semangka ternyata rendah kadar gulanya bila dikonsumsi secara terbatas. Secangkir semangka yang dipotong dadu mengandung kurang dari 10 gram gula.

9. Blewah

Secangkir blewah mengandung kurang dari 13 gram gula. Ini mungkin agak lebih banyak dibandingkan buah-buahan lain, tetapi masih jauh lebih rendah daripada sekaleng soda seberat 12 ons yang mengandung hampir 40 gram gula dan nilai gizinya sangat sedikit.

10. Persik

Buah persik rasanya manis, tapi ternyata kandungan gulanya kurang dari 13 gram per buah ukuran sedang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)