6 Bahaya Tidur dengan Rambut Basah, Picu Infeksi dan Jerawat

Senin, 23 Oktober 2023 - 21:25 WIB
loading...
6 Bahaya Tidur dengan Rambut Basah, Picu Infeksi dan Jerawat
Bahaya tidur dengan rambut basah tidak boleh diabaikan. Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti infeksi pada kulit kepala hingga wajah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Bahaya tidur dengan rambut basah tidak boleh diabaikan. Tanpa disadari, hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti infeksi pada kulit kepala hingga wajah yang dapat mempengaruhi penampilan.

Namun, tidur dengan rambut basah tidak langsung membuat Anda sakit. Melainkan penyerapan air menyebabkan batang rambut bengkak. Kelembapan rambut juga akan melembapkan bantal.

Tidur dengan rambut lembap dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur pada kulit kepala. Ini karena jamur lebih mudah tumbuh di area tubuh yang hangat atau lembap. Karena itu, penting mengeringkan rambut Anda sebelum tidur.

Bahaya Tidur dengan Rambut Basah



Berikut bahaya tidur dengan rambut basah dilansir dari Medical News Today, Senin (23/10/2023).



1. Peregangan Rambut


Rambut basah meregang sekitar 30 persen dari panjang aslinya tanpa kerusakan. Namun, perubahan permanen terjadi ketika rambut meregang antara 30 persen –70 persen. Tidur di atas rambut basah dapat menyebabkan rambut meregang melebihi panjang yang dapat ditoleransi.

2. Kedinginan


Sebuah penelitian pada 2015 menunjukkan bahwa kepala orang kehilangan lebih banyak panas saat terkena suhu dingin. Kehilangan panas jauh lebih besar pada suhu 10 derajat celcius dibandingkan pada suhu 15 derajat celsius atau 20 derajat celsius. Artinya, rambut basah dapat menyebabkan tidur menjadi lebih tidak nyaman.

3. Pertumbuhan Jamur


Peneliti pada 2021 menemukan spesies jamur malassezia di folikel rambut. Jamur ini dapat menyebabkan kondisi kulit seperti dermatitis seboroik. Rambut basah dalam waktu lama, seperti semalaman, dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi ini.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)