Terungkap Penyebab Rambut Rontok, Begini Cara Pengobatan dan Pencegahan yang Tepat

Selasa, 24 Oktober 2023 - 14:00 WIB
loading...
Terungkap Penyebab Rambut Rontok, Begini Cara Pengobatan dan Pencegahan yang Tepat
Pakar perawatan rambut mengungkap misteri seputar kerontokan rambut, termasuk penyebab, perawatan dan tips pencegahannya. Foto/ hindustan times.
A A A
JAKARTA - Pakar perawatan rambut mengungkap misteri seputar kerontokan rambut , termasuk penyebab, perawatan dan tips pencegahannya, baik untuk wanita maupun pria.

Rambut rontok bisa menjadi masalah yang sangat menyusahkan dan merupakan masalah yang mempengaruhi banyak orang, baik pria maupun wanita, tua dan muda.

Sebelum kita mendalami dunia rambut rontok, penting untuk memahami dasar-dasar siklus pertumbuhan rambut. Dalam wawancara dengan HT Lifestyle, Dr Kashish Kalra, MD, Dermatologist, Head of Dept di Max Smart Hospital di New Delhi menjelaskan bahwa siklus ini terdiri dari tiga fase.

“Fase anagen (pertumbuhan), fase catagen (istirahat), dan fase telogen (pelepasan). Biasanya, 70% rambut Anda berada dalam fase pertumbuhan, sementara 20% sedang istirahat dan 10% mengalami kerontokan. Kehilangan 50 hingga 100 helai rambut setiap hari dianggap normal karena akan ada rambut baru yang menggantikannya secara alami,” ujar dia.


Jenis rambut rontok

Dr Kashish Kalra berkata bahwa rambut rontok bukanlah masalah umum, hal itu terjadi dalam berbagai bentuk.

Rambut rontok dan penipisan yang berlebihan adalah penyebab utama, yang sering kali bersamaan menyebabkan rambut rontok. Beberapa orang mengalami kerontokan rambut yang berlebihan, sementara yang lain mengalami penipisan rambut secara bertahap.

1. Rambut rontok berlebihan

Rambut rontok dalam kisaran 50-100 helai setiap hari biasanya dianggap dalam kisaran normal. Namun bila kerontokan rambut harian melebihi kisaran tersebut, maka dikategorikan sebagai rambut rontok berlebihan. Memahami perbedaan ini sangatlah penting, karena rambut rontok yang berlebihan dapat menjadi indikator potensial adanya masalah kesehatan atau faktor gaya hidup yang mungkin memerlukan perhatian dan intervensi.

2. Penipisan rambut

Faktor genetik sebagian besar mendasari penipisan rambut. Ini terwujud secara berbeda pada pria dan wanita. Pada pria, kerontokan rambut biasanya dimulai di pelipis, berlanjut ke garis rambut, dan akhirnya mempengaruhi ubun-ubun kepala. Sebaliknya, betina mengalami pola yang berbeda, dengan penipisan di bagian tengah dan belahan yang melebar.

Penyebab rambut rontok

1. Faktor nutrisi

Ketidakseimbangan nutrisi penting, hormon dan kadar tiroid dapat menyebabkan kerontokan rambut. Memastikan pola makan seimbang dan mengatasi kekurangan nutrisi sangat penting.

2. Pilihan gaya hidup

Perawatan kecantikan seperti rebonding, pelurusan, dan pewarnaan adalah hal yang lumrah. Perawatan ini sering kali melibatkan penggunaan bahan kimia yang dapat merusak rambut dan memperburuk kerontokan rambut.

3. Stres dan perubahan hormonal

Stres, kejadian besar dalam hidup, dan ketidakseimbangan hormon, seperti PCOD, dapat menyebabkan rambut rontok. Mengelola stres dan mencari nasihat medis merupakan langkah penting dalam mencegah kerontokan rambut lebih lanjut.

“Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh kondisi seperti alopecia areata dan jaringan parut alopecia. Kondisi ini memerlukan perawatan khusus dan harus segera ditangani oleh dokter kulit yang berkualifikasi,” ujar dia.

Perawatan dan pencegahan rambut rontok

1. Obat-obatan

Obat-obatan yang disetujui FDA seperti minoxidil dan finasteride bisa efektif dalam mencegah kerontokan rambut. Selain itu, perawatan peptida di luar label juga menjanjikan dalam menunda kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan.


2. Terapi suntik

Prosedur seperti mesoterapi dan terapi Platelet-Rich Plasma (PRP) semakin populer. Mesoterapi melibatkan penyuntikan nutrisi ke kulit kepala, sedangkan terapi PRP menggunakan darah pasien untuk merangsang folikel rambut , meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan.

3. Transplantasi rambut

Dalam kasus kerontokan rambut yang parah, intervensi bedah mungkin diperlukan. Operasi transplantasi rambut melibatkan pengambilan rambut dari area donor dan memindahkannya ke area yang menipis atau botak. Hal ini dianggap sebagai solusi permanen dan dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik, seperti Follicular Unit Transplantation (FUT) dan Follicular Unit Extraction (FUE).
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2423 seconds (0.1#10.140)