Madu Jadi Pemanis Alami Penuh Khasiat, Obati Luka Bakar hingga Atasi Diabetes

Selasa, 24 Oktober 2023 - 16:00 WIB
loading...
Madu Jadi Pemanis Alami Penuh Khasiat, Obati Luka Bakar hingga Atasi Diabetes
Madu merupakan pemanis alami yang menjadi tambahan makanan dan bermanfaat untuk kesehatan. Foto/ healthline
A A A
JAKARTA - Madu telah digunakan sejak berabad-abad lalu. Pemanis alami ini kerap menjadi tambahan makanan yang populer dan bermanfaat untuk kesehatan.

Madu merupakan keajaiban alami dan obat yang luar biasa untuk batuk, pilek, dan berbagai jenis infeksi. Madu terus membuat kita terpesona sejak dahulu.

Dilansir Hindustan Times pada Selasa (24/10/2023), dengan sifat antibakteri, anti-inflamasi dan antioksidan yang luar biasa, madu telah dipercaya sebagai minuman energi untuk mengatur gula darah dan hipertensi, mengobati luka dan luka bakar sejak berabad-abad.



Hingga abad ke-21, madu terus menjadi populer karena menjadi alternatif alami pengganti gula, rendah kalori dan nutrisi yang hilang dari gula rafinasi.

Bahkan, nasihat nenek, oleskan madu jika terjadi luka, sayatan atau mengalami luka bakar. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menyebut madu memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa.

Pada zaman dahulu, madu sering digunakan di banyak Negara, dari Yunani, Rusia hingga Mesir. Di Yunani, minuman yang terbuat dari madu dan jus anggur yang tidak difermentasi digunakan sebagai obat asam urat, sedangkan di Rusia digunakan untuk mengobati luka pada Perang Dunia I.

Apa itu madu dan bagaimana cara pembuatannya?

Madu adalah zat manis alami luar biasa yang dihasilkan oleh lebah Apies mellifera melalui transformasi nektar tumbuhan, sekresi dari bagian tumbuhan hidup, atau ekskresi serangga penghisap tumbuhan.

Sethulekshmi, Ahli Diet, Departemen Nutrisi Klinis, Rumah Sakit Amrita Kochi mengatakan bahwa lebah mengumpulkan, menggabungkan, menyimpan, mengeringkan, dan menyimpan zat-zat tersebut di sarang madu untuk Pematangan dan pematangan.

Komponen utama madu adalah glukosa, dan ketika mengkristal, madu akan mengeras menjadi butiran madu.

Madu terdiri dari campuran gula, terutama glukosa dan fruktosa, serta air (biasanya sekitar 17-20 persen) dan sejumlah elemen lain, termasuk mineral, vitamin, protein, dan asam amino.

Manfaat madu

Khasiat madu untuk kesehatan, seperti mengatasi diabetes tipe 2, penyakit jantung dan masalah kolesterol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)