Apakah Terong Menyebabkan Asam Urat? Simak Jawabannya di Sini

Selasa, 24 Oktober 2023 - 13:36 WIB
loading...
Apakah Terong Menyebabkan Asam Urat? Simak Jawabannya di Sini
Apakah terong bisa menyebabkan asam urat? Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Penderita asam urat harus memperhatikan kandungan makanan dikonsumsi. Untuk menjaga kestabilan kadar asam urat dalam tubuh, makanan yang rendah purin bisa menjadi pilihan tepat.

Lalu, bagaimana dengan terong? Apakah terong bisa menyebabkan asam urat?

Terong termasuk salah satu sayuran yang sering menjadi bahan perdebatan terkait risiko asam urat. Sebelum mengambil kesimpulan, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Asam Urat


Asam urat adalah senyawa kimia yang dihasilkan oleh tubuh saat proses pemecahan purin. Senyawa ini terdapat dalam makanan tertentu.



Ketika kadar asam urat dalam darah meningkat maka bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti nyeri sendi yang disebabkan oleh kristal asam urat yang menumpuk di persendian. Ini adalah kondisi yang dikenal dengan nama "gout."

Apakah Terong Menyebabkan Asam Urat?


Terong adalah sayuran yang memiliki kandungan rendah purin. Berbeda dengan bayam, kangkung, kembang kol, buncis dan asparagus yang memiliki kandungan purin cukup tinggi.

Penting untuk dicatat bahwa tingkat purin dalam terong relatif rendah jika dibandingkan dengan beberapa makanan lain, seperti daging merah, makanan laut tertentu, dan alkohol. Oleh karena itu, mengonsumsi terong tidak cukup secara signifikan meningkatkan risiko asam urat.



Meski terong tidak menyebabkan asam urat, namun perlu diperhatikan jika terong mengandung kandungan Solanin yang bisa memperparah rasa nyeri dan peradangan bagi seseorang yang sudah mengidap asam urat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0883 seconds (0.1#10.140)