5 Hal yang Harus Dihindari Penderita Epilepsi seperti Amanda Manopo

Rabu, 25 Oktober 2023 - 03:43 WIB
loading...
5 Hal yang Harus Dihindari Penderita Epilepsi seperti Amanda Manopo
Amanda Manopo tengah menderita epilepsi. Foto/Instagram Amanda Manopo
A A A
JAKARTA - Amanda Manopo tengah menderita epilepsi. Penyakit ini mengganggu sistem saraf dan pola aktivitas listrik otak yang abnormal, sehingga dapat menimbulkan kejang-kejang.

Amanda Manopo mengaku, epilepsi yang diidapnya kerap kambuh ketika dia merasakan lelah yang berlebihan. Salah satu cara mencegah agar epilepsi tidak kambuh yaitu dengan menjaga pola makan. Ada pula hal-hal yang harus dihindari oleh penderita epilepsi.



Melansir laman Medical News Today, Rabu (25/10/2023), berikut hal-hal yang harus dihindari.

1. Konsumsi Kopi, Soda, dan Teh

Penderita epilepsi sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi minuman berkafein secara berlebihan seperti kopi, teh, dan soda. Sebab ketika mengonsumsi ketiga minuman tersebut secara berlebihan akan memicu kejang.

2. Paparan Sinar Matahari

Selanjutnya, hal yang harus dihindari adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Penderita epilepsi tidak disarankan untuk berjalan di bawah terik matahari dalam waktu lama. Sebab hal itu dapat menyebabkan otak tidak bisa berfungsi dengan baik pada suhu yang tinggi. Akibatnya kejang-kejang pun bisa terjadi kapan saja.


3. Konsumsi Alkohol

Para ahli memperingatkan soal penggunaan tembakau dan asupan alkohol serta obat-obatan rekreasional yang dapat menganggu aktivitas elektrik di dalam otak yang berlebihan.

4. Kurang Tidur

Di tengah kesibukan yang padat, penderita epilepsi tetap harus memperhatikan kualitas tidur yang baik. Disarankan untuk tidur minimal 7-8 jam per hari.

5.Jangan Stres

Selain menjaga jam tidur, penderita epilepsi juga harus menghindari stres. Sebisa mungkin untuk tidak terlalu memikirkan suatu hal yang mengakibatkan stres.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)