Ini Syarat Donor Darah Apheresis, Salah Satunya Tidak sedang Hamil

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 16:13 WIB
loading...
Ini Syarat Donor Darah Apheresis, Salah Satunya Tidak sedang Hamil
Ada beberapa syarat untuk melakukan donor darah apheresis. Syaratnya pun terbilang mudah untuk dilakukan, dan tidak terlalu banyak yang harus dipenuhi. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa syarat untuk melakukan donor darah apheresis. Syaratnya pun terbilang mudah untuk dilakukan, dan tidak terlalu banyak yang harus dipenuhi.

Head of Communications and Informastion Division of Yayasan Laskar Aferesis Mila Rahmania mengatakan bahwa donor darah apheresis berbeda dengan donor darah biasa lantaran hanya membutuhkan beberapa komponen seperti plasma darah, sel darah putih, dan trombosit.

Donor darah apheresis biasanya dibutuhkan pasien kanker. Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk pasien lainnya.

“Padahal syaratnya mudah yaitu berat badannya minimal harus 55 kilo kemudian trombositnya 150 ribu, taunya dari sample gitu ya," kata Mila dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo , Jumat (27/10/2023).



"Lalu tidak sedang hamil, tidak sedang menstruasi, sama umur itu dari 17-50 tahun. Tapi kalau sudah biasa donor itu 55 tahun bisa (donor darah)," sambungnya.

Menurut Mila, banyak anak muda Indonesia yang belum tergerak untuk melakukan donor darah dan belum bisa mendonorkan menjadi salah satu faktor kegiatan donor ini jarang dilakukan. Padahal, donor darah memberikan banyak manfaat baik bagi pendonor atau penerima.

Untuk itu, melalui beberapa kegiatan edukasi seperti mendatangi sekolah-sekolah, membuat video, melakukan kolaborasi dengan sejumlah influencer, serta melaksanakan webinar diharapkan bisa menggerakkan masyarakat untuk melakukan donor darah apheresis.

“Dengan harapan anak-anak muda ini tergerak untuk donor. Karena kita juga nggak bisa ngandelin yang tua,” jelasnya.



Namun yang perlu diketahui, untuk melakukan donor darah apheresis ini juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena trombosit memiliki save life yang cepat, setidaknya lima hari trombosit itu dapat bertahan dan diberikan kepada pasien.

Sehingga, Mila berpesan jika ingin melakukan donor darah apheresis bisa melakukan pemeriksaan kebutuhan yang diperlukan melalui komunitas, yayasan, atau sosial media lainnya.

“Kemudian kalau teman-teman tertarik bisa mendaftar di www.aferesis.or.id/jadi-laskar, lalu tim kita akan hubungi dan melakukan penjadwalan. Selain itu donor darah apheresis juga bisa dilakukan dibeberapa tempat yang sudah bekerja sama,” pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)