5 Obat Alami untuk Atasi Darah Rendah, Terbukti Ampuh

Selasa, 01 Agustus 2023 - 11:11 WIB
loading...
5 Obat Alami untuk Atasi Darah Rendah, Terbukti Ampuh
Terdapat sejumlah obat alami yang dipercaya mampu menaikkan tekanan darah yang rendah. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah obat alami yang dipercaya mampu menaikkan tekanan darah yang rendah. Selain ampuh, obat tersebut juga mudah ditemukan bahannya.

Anemia atau darah rendah merupakan kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah tidak mencukupi. Hal ini dapat menyebabkan tubuh lemas, pucat, pusing, dan mudah sakit.

Penyakit tersebut memang bisa diatasi dengan obat-obatan dari resep dokter. Namun, terdapat pula bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat penambah darah.



Berikut beberapa obat alami yang dapat menaikkan darah rendah.

1. Madu

Madu adalah obat alami yang dapat menaikkan tekanan darah rendah. Madu mengandung zat besi yang merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan hemoglobin.

Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dan hemoglobin, madu dapat membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah.

2. Tomat

Tomat juga merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk menaikkan darah rendah. Hal itu bisa terjadi lantaran tomat mengandung zat besi yang penting dalam pembentukan hemoglobin.

Selain itu, zat besi juga dapat membantu penyerapan oksigen oleh sel-sel darah merah. Dengan meningkatnya jumlah hemoglobin dalam darah, tomat dapat membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah.

3. Kopi

Kopi adalah minuman yang dapat membantu menaikkan tekanan darah rendah. Itu karena kopi mengandung kafein yang bisa menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan denyut jantung.

Namun, minum kopi untuk menaikkan tekanan darah rendah harus dilakukan hati-hati dan tidak berlebihan. Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan efek samping seperti gelisah, gelisah, insomnia, sakit kepala, dan dehidrasi.


4. Biji Wijen Hitam

Mengutip dari lamana Stylecraze, biji wijen hitam memiliki kandungan folat, zat besi, kalsium dan magnesium. Kandungan zat tersebut sangat penting untuk meningkatkan darah rendah pada tubuh.

Biji wijen hitam bisa meningkatkan kadar zat besi dan membantu penyerapan zat besi dalam sistem tubuh. Anda bisa mengonsumsi biji wijen hitam setiap hari untuk sarapan.

5. Bayam

Mengutip Pharmeasy, anemia sering terjadi lantaran tubuh kekurangan asam folat ketika aliran darah tidak dapat menghasilkan hemoglobin sebanyak yang dibutuhkan dalam tubuh manusia.

Hal itu bisa ditangani dengan cara mengonsumsi bayam secara teratur. Sayuran hijau ini adalah sumber alami vitamin B12, asam folat, dan nutrisi penting lain, yang baik untuk menjadi obat alami anemia.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)