Resep Es Laksamana Mengamuk asal Riau, Menu Dessert Makan Siang Jokowi dengan 3 Bacapres

Senin, 30 Oktober 2023 - 16:31 WIB
loading...
Resep Es Laksamana Mengamuk asal Riau, Menu Dessert Makan Siang Jokowi dengan 3 Bacapres
Minuman tradisional es laksamana mengamuk menjadi menu dessert atau pencuci mulut di momen makan siang Presiden Jokowi dengan tiga bakal calon presiden. Foto/Indonesia.go.id
A A A
JAKARTA - Minuman tradisional es laksamana mengamuk menjadi menu dessert atau pencuci mulut di momen makan siang Presiden Jokowi dengan tiga bakal calon presiden (Bacapres). Jokowi mengajak ketiga Bacapres makan siang bersamanya di Istana Merdeka, Jakarta, pada hari ini, Senin (30/10/2023).

Menu tersebut tentu sangat cocok sebagai pelepas dahaga di tengah cuaca panas yang begitu menyengat di Jakarta belakangan ini. Minuman tradisional Riau itu memiliki cita rasa khas lantaran menggunakan buah mangga kuwini atau kuweni (mangifera odorata) sebagai bahan utama.

Es laksmana mengamuk menghadirkan sensasi kenikmatan kuwini asli Riau yang dipadukan dengan legitnya santan dan manisnya gula merah serta es batu sehingga begitu menyegarkan.



Es laksamana mengamuk bukan hanya pelepas dahaga, tapi juga baik untuk pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi dari buah kuwini mampu mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lain.

Vitamin A yang terdapat di dalamnya baik untuk kesehatan mata dan daya tahan tubuh. Selain itu, kebutuhan zat besi harian juga dapat terpenuhi dari buah ini.

Dilansir dari laman Indonesia.go.id, ada cerita khusus di balik terciptanya minuman dingin yang ini. Kisahnya bermula dari konflik dalam keluarga.

Sesuai namanya, menu ini konon menjadi perumpamaan kisah dari seorang laksamana yang mengamuk di perkebunan kuweni lantaran istrinya dibawa kabur oleh pemilik kebun kuweni itu. Akhirnya sang laksamana menebaskan pedangnya ke seluruh penjuru, sampai puluhan buah kuweni hancur oleh kemarahannya.

Buah kuweni yang telah tercincang dan terhampar di rumput lalu diambil oleh penduduk. Mereka pun dibuat bingung, akan diapakan buah yang telah terpotong itu. Sampai kemudian ada seorang wanita yang mencampurkan potongan buah kuweni dengan santan serta gula merah. Sehingga, terciptalah minuman segar itu dan langsung dinikmati oleh seluruh warga kampung.



Kini, laksamana mengamuk menjadi minuman khas yang sering disajikan pada acara perjamuan, berbuka puasa, dan perayaan hari besar lain di daerah Riau.

Cara membuatnya ternyata sangat sederhana sehingga dapat dicoba di rumah. Berikut bahan dan cara membuat es laksamana mengamuk.

Bahan:

- Kuwini, bersihkan dan potong dadu
- Kelapa muda
- Selasih, rendam dengan air panas
- Santan
- Gula pasir/merah
- Daun pandan
- Es batu

Cara Membuat:

1. Didihkan santan dan masukkan gula pasir/merah sesuai selera.

2. Tambahkan daun pandan untuk memberi aroma harum pada santan.

3. Diamkan santan supaya dingin. Kemudian masukkan potongan kuwini, kelapa muda, dan selasih ke dalamnya.

4. Tambahkan beberapa potongan es ke dalam gelas.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3603 seconds (0.1#10.140)