Yuk Konsumsi Yogurt agar Tubuh Bugar

Kamis, 30 April 2020 - 12:46 WIB
loading...
Yuk Konsumsi Yogurt agar Tubuh Bugar
Foto/Istimewa
A A A
Ramadhan kali ini tidaklah sama, semua kegiatan ibadah harus dilakukan di rumah, masyarakat pun diminta untuk tidak keluar rumah jika tidak mendesak. Walau begitu ibadah puasa tetap harus dijalani dengan baik. Saat berpuasa, penting untuk tetap menjaga asupan gizi yang kita konsumsi pada saat sahur dan buka puasa agar tetap fit dan kuat dalam menjalankan ibadah puasa.

“Bagi teman-teman yang menunaikan ibadah puasa, jangan lupa untuk memenuhi asupan gizi harian agar bisa tetap fit dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat," ujar Emilia Achmadi, MS., RDN, Ahli gizi dan Direktur MesaAcademy dari rilis yang diterima KORAN SINDO. Emilia melanjutkan, untuk membantu memenuhi asupan gizi selama bulan puasa ada beberapa tips yang dapat dilakukan.

Pertama, minumlah dua gelas susu setiap hari, yakni segelas susu saat sahur dan segelas susu setelah berbuka puasa. Susu diketahui mengandung kalsium, protein, dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh kita. Kedua, ia menyarankan untuk mencoba memilih camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan, yogurt dan keju saat berbuka puasa dan sebelum tidur. Biasanya hidangan pembuka puasa identik dengan gorengan atau aneka es, yang minim gizi namun tinggi kalori.

Pada kesempatan ini Emilia mengajak untuk mengganti camilan yang mengandung kadar gula atau lemak yang berlebih, dengan camilan yang lebih bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah yogurt. Yogurt adalah produk olahan susu yang telah difermentasi sehingga laktosa diubah menjadi asam laktat (lactic acid), dan yogurt memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat.

Diantaranya bakteri baik yang masih hidup dan serat pangan yang bermanfaat untuk membantu fungsi saluran cerna. Serta kandungan kalsium yang membantu memperkuat tulang dan gigi. Termasuk vitamin B6 dan B12, riboflavin, kalium, kalsium dan magnesium yang baik untuk tubuh. Tak lupa probiotik yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Probiotik ini menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus atau organ sistem pencernaan lain. Probiotik juga membantu fungsi kerja sistem pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Disamping manfaat ini, yogurt juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, baik untuk kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga tulang tetap sehat, meningkatkan kesehatan usus, dan membantu menurunkan berat badan. Yogurt adalah pilihan camilan yang lezat, segar, dan bergizi. Selain dinikmati sebagai camilan, yogurt juga bisa digunakan sebagai bahan masakan. "Selama #DiRumahAja, saya sudah mencoba membuat berbagai hidangan menggunakan yogurt, mulai dari appetizer (hidangan pembuka), main course (hidangan utama), dessert dan snack," urai Emilia.

Produk susu akan membuat sistem cerna menjadi lebih tenang, merasa lebih kenyang, dan mengurangi rasa haus. Yogurt telah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi sekitar 500 kalori dari asupan kalori harian. Yogurt juga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi dan membuat saluran cerna lebih sehat. (Sri Noviarni)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)