Rayakan World Diabetes Day dengan Cek Kesehatan Bersama Prodia

Rabu, 01 November 2023 - 06:00 WIB
loading...
Rayakan World Diabetes Day dengan Cek Kesehatan Bersama Prodia
Bertepatan dengan World Diabetes Day, Prodia memberikan berbagai penawaran khusus mulai dari Panel World Diabetes Day. (Foto: dok. Prodia)
A A A
JAKARTA - Diabetes tentunya sudah tidak asing lagi terdengar dalam keseharian masyarakat Indonesia. Pasalnya, risiko penyakit ini dapat secara diam-diam tidak terdeteksi gejalanya berkembang dalam waktu yang lama.

Terlebih, diabetes merupakan kondisi kronis seumur hidup yang memiliki konsekuensi serius. Namun, Diabetes dapat dikelola dengan perawatan melalui kontrol gula darah, pola hidup sehat, dengan bantuan dari pengobatan yang tepat.

Pada dasarnya, sebagian besar makanan akan dipecah menjadi gula atau glukosa yang kemudian dilepaskan ke aliran darah. Ketika gula darah naik, tandanya pankreas melepaskan insulin yang manjadi kunci untuk melepaskan gula darah untuk masuk ke dalam sel-sel tubuh yang digunakan sebagai energi.

Diabetes terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup atau tidak dapat menyerap insulin yang telah dihasilkan. Ketika sel berhenti merespon insulin, maka terlalu banyak gula darah yang terdapat dalam aliran darah.

Diabetes tidak dapat disepelekan, jika dibiarkan dalam waktu lama dapat berisiko menyebabkan masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, gangguan penglihatan, dan penyakit ginjal.

Oleh karenanya, penting bagi pengidap diabetes untuk mengontrol kadar gula harian melalui perbaikan gaya hidup. Perubahan yang dapat dilakukan dalam memperbaiki pola makan dan asupan gizi.

Disarankan untuk menghindari jenis makanan yang mengandung terlalu banyak gula tambahan dan meningkatkan asupan makanan rendah lemak serta rendah kalori. Pengidap diabetes juga harus menjaga berat badan melalui olahraga rutin untuk menghindari obesitas yang dapat memperparah risiko komplikasi.

Memantau kadar gula darah merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan pengidap diabetes untuk membantu mengendalikan gejala dan mengevaluasi kadar gula darah normal. Agar dapat memperoleh hasil yang komprehensif, pengidap diabetes dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh atau medical check-up untuk dapat menentukan pengelolaan yang tepat.

Bertepatan dengan World Diabetes Day, Prodia memberikan berbagai penawaran khusus mulai dari Panel World Diabetes Day yang berisi:

â—Ź Panel Lemak yang bermanfaat untuk mengevaluasi profil lemak dalam darah, mendeteksi dislipidemia, dan menilai risiko penyakit kardiovaskular.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)