Cacar Monyet Dideteksi di Bandung, Masyarakat Diminta Hindari Kontak Erat

Rabu, 01 November 2023 - 21:50 WIB
loading...
Cacar Monyet Dideteksi di Bandung, Masyarakat Diminta Hindari Kontak Erat
Kasus cacar monyet atau monkeypox telah dideteksi di Bandung. Di mana satu orang pasien dideteksi mengidap cacar monyet dengan gejala berupa lesi di tubuh. Foto/The Japan Times
A A A
BANDUNG - Kasus cacar monyet atau monkeypox telah dideteksi di Bandung, Jawa Barat. Di mana satu orang pasien dideteksi mengidap cacar monyet dengan gejala berupa lesi di tubuh.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna. Dia mengatakan bahwa pasien cacar monyet itu datang ke puskesmas pada 23 Oktober 2023.

Kemudian puskesmas melakukan rujukan pada 24 Oktober ke RSHS Bandung. Selanjutnya, pemeriksaan laboratorium dilakukan pada 27 Oktober 2023.





“Diagnosa pastinya keluar dari hasil pemeriksaan lab RS penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Bandung dr Ira Dewi Jani dikutip dalam keterangan resmi, Rabu (1/11/2023).

Saat ini pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 36 tahun itu masih diisolasi. Pasien cacar monyet tersebut belum dapat dipulangkan lantaran kondisinya dalam pemantauan dokter.

Selain itu, Ira juga mengimbau masyarakat untuk menghindari kontak erat atau bersentuhan dengan kasus cacar monyet. Penting juga melakukan pencegahan dengan menggunakan baju panjang agar terhindar dari infeksi sekunder.



“Sebab kalau lesinya itu, penularannya bisa lebih cepat. Kalau kulit kropengnya yang terbang lalu menempel di kulit orang, itu bisa menular juga tapi sebenarnya harus dalam jumlah banyak,” jelasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)