Pilih Playground untuk Si Kecil yang Tak Cuma Buat Bermain

Kamis, 02 November 2023 - 20:22 WIB
loading...
Pilih Playground untuk Si Kecil yang Tak Cuma Buat Bermain
Selain bermain permainan di rumah, tidak ada salahnya ayah dan bunda ajak si kecil bermain di playground. Bermain di playground meningkatkan tumbuh kembang. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Selain bermain permainan di rumah, tidak ada salahnya ayah dan bunda ajak si kecil bermain di playground atau tempat bermain anak. Selain menyenangkan buah hati, bermain di playground juga akan meningkatkan tumbuh kembang si kecil.

Sebuah jurnal penelitian berjudul The Benefits of Playgrounds menunjukkan bahwa playground merupakan suatu tempat penting yang bisa memberikan kesempatan anak-anak untuk meningkatkan perkembangan kognitif, emosi, sosial, motoriknya.

Terapi Okupasi, Emilee Shoemaker, MOT, OTR/L mengatakan playground menawarkan lingkungan unik untuk membangun keterampilan. Ada banyak perkembangan dan pertumbuhan terapeutik yang dapat terjadi di lingkungan seperti taman bermain.

“Playground dapat membangun kekuatan dan keterampilan motorik kasar, anak-anak juga belajar kesadaran tubuh, regulasi sensorik, keterampilan fungsi eksekutif, dan harga diri," kata Emilee seperti dikutip dari Blanchard Valley Health System, Kamis (2/11/2023).

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Youreka World Michael Ruly Atmadja menjelaskan saat ke playground, anak-anak tak hanya sekedar bermain. Di mana para orang tua juga melakukan observasi.



"Anak main orang tua bisa mengamati. Karena banyak anak-anak yang di sekolah fokusnya kurang, motorik halus dia lemah, dia malas menulis, akademis kurang bagus, penting banget si kecil dilatih melalui main playground,” jelasnya.

Tak hanya itu, lewat playground juga dapat merangsang imajinasi, menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi, serta memberikan peluang bagi anak-anak dalam realisasi diri.

“Kami dengan penuh semangat mengembangkan pusat hiburan dan kegiatan anak-anak dengan konsep unik dan seru yang terinspirasi dari hiburan dan pembelajaran melalui pengalaman simulasi di dunia nyata,” ujarnya.

Saat ini memang banyak sekali playground dengan berbagai aktivitas seru yang tersaji di dalamnya. Salah satunya adalah Youreka Kids Farm yang berlokasi di Kuningan City, Jakarta, menghadirkan pabrik keju pertama di Indonesia yaitu Pabrik Belcube Cheese.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3843 seconds (0.1#10.140)