5 Manfaat Kesehatan Rutin Konsumsi Nanas, Salah Satunya Redakan Nyeri Sendi

Selasa, 07 November 2023 - 03:03 WIB
loading...
5 Manfaat Kesehatan Rutin Konsumsi Nanas, Salah Satunya Redakan Nyeri Sendi
Dengan kandungan nutrisi yang kaya, nanas dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan tubuh. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Nanas merupakan salah satu buah yang memiliki rasa segar dan manis. Selain bisa menjadi camilan yang lezat, buah nanas juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Dengan kandungan nutrisi yang kaya, nanas dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut beberapa manfaat utama nanas, dikutip dari laman Cleveland Clinic, Selasa (7/11/2023).

1. Bantu Penyembuhan Jaringan

Nanas merupakan satu-satunya makanan yang diketahui mengandung bromelain, enzim yang membantu penyembuhan kulit dan jaringan. Bromelain inilah yang menghasilkan zat yang dapat melawan rasa sakit dan bengkak.

Mengonsumsi bromelain dari nanas juga dapat membantu penyembuhan kulit Anda setelah operasi atau cedera.


2. Melawan Peradangan

Peradangan adalah proses alami yang terjadi di tubuh kita untuk membantu melawan penyakit. Namun, terlalu banyak peradangan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kondisi seperti rheumatoid arthritis dan kanker.

Zat antiinflamasi pada bromelain nanas dapat membantu melawan peradangan dan dapat menekan pertumbuhan tumor tertentu. Makan banyak buah dan sayuran berwarna, termasuk nanas, adalah cara yang baik untuk bantu mencegah kanker dan kondisi kesehatan lain.

3. Baik untuk Pencernaan

Inilah alasan lain untuk menjadikan nanas sebagai makanan penutup pilihan yang menyehatkan. Nanas mengandung banyak serat, yang baik untuk pencernaan.

4. Redakan Nyeri Radang Sendi

Kekuatan antiinflamasi bromelain pada nanas dapat meredakan nyeri bagi penderita osteoartritis. Anda bisa mencoba untuk menambahkan nanas ke dalam makanan Anda, tanpa berhenti minum obat ataupun mengubah dosis dari dokter.

5. Bantu Turunkan Berat Badan

Kebanyakan ahli penurunan berat badan merekomendasikan pola makan kaya buah-buahan dan sayuran jika Anda mencoba menurunkan bobot tubuh. Tapi, nanas bisa menjadi sahabat diet Anda karena enzimnya mungkin membantu pembakaran lemak.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3059 seconds (0.1#10.140)