3 Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Paracetemol dan Gejalanya

Selasa, 07 November 2023 - 08:51 WIB
loading...
3 Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Paracetemol dan Gejalanya
Mengonsumsi terlalu banyak paracetamol dapat menyebabkan efek samping serius pada kesehatan. Ini karena obat tersebut bisa dibeli dan dikonsumsi tanpa resep. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi terlalu banyak paracetamol dapat menyebabkan efek samping serius pada kesehatan. Ini karena obat tersebut bisa dibeli dan dikonsumsi tanpa resep dokter.

Meskipun merupakan pereda nyeri dan pereda demam yang banyak digunakan, mengonsumsi paracetamol melebihi dosis dari yang dianjurkan dapat menyebabkan beberapa efek samping yang berbahaya. Salah satunya keracunan.

Berikut efek samping terlalu banyak konsumsi paracetamol dilansir dari Times of India, Selasa (7/11/2023).

Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Paracetemol dan Gejalanya





1. Kerusakan Hati


Yang pertama dan penting, konsumsi paracetamol berlebihan dapat membebani kemampuan hati untuk memproses obat, sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan hati. Hal ini karena paracetamol terutama dimetabolisme di hati, dan konsumsi berlebihan dapat menyebabkan penumpukan produk samping beracun yang merusak sel-sel hati.

Gejala kerusakan hati mungkin tidak langsung muncul, sehingga deteksi dini menjadi sulit.

2. Keracunan


Overdosis paracetamol dapat menyebabkan keracunan dengan gejala seperti mual, muntah, sakit perut, dan kehilangan nafsu makan. Gejala-gejala ini dapat disalahartikan sebagai penyakit lain, sehingga menunda pengenalan overdosis.

3. Gagal Hati Akut


Overdosis paracetamol dapat menyebabkan gagal hati akut, dan penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan hati permanen yang memerlukan transplantasi hati yang merupakan kondisi yang mengancam jiwa.



Hal ini dapat menyebabkan penyakit kuning, kebingungan, dan bahkan koma. Jika tidak ditangani, hal ini bisa berakibat fatal. Terkadang hal ini juga dapat menyebabkan cedera ginjal.

Untuk mencegah efek samping berbahaya ini, sangat penting untuk mengikuti petunjuk dosis yang dianjurkan pada label obat dan segera mencari pertolongan medis jika diduga terjadi overdosis. Perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi kerusakan dan meningkatkan peluang pemulihan penuh.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)